Tips mudik: pentingnya peran co-driver

Anda sedang mempersiapkan mudik lebaran? Atawa bahkan sekarang sudah dalam perjalanan mudik ke kampung halaman? Berikut tips sederhana bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama untuk co-driver (seseorang yang duduk di samping kiri pengemudi):

  • Pastikan semua penumpang dalam keadaan fitdriver sih wajib fit, meskipun sedang menjalankan puasa. Salah satu penumpang kurang fit, akan menghambat perjalanan mudik.
  • Tunjuk orang yang bisa menjadi co-driver, di antara para penumpang. Tak apa ia tak bisa mengemudikan mobil, kalau ia bisa mengemudi jelas lebih baik. Sekaligus jadi driver cadangan.
  • Bagi Anda yang berperan sebagai co-driver, jadilah orang yang bijaksana – setidaknya di saat mudik itu saja, karena sikap bijaksana ini membantu driver tenang dalam mengemudi.

Jangan merasa terganggu jika driver berdendang atawa bersiul dengan nada fals, bisa jadi tindakan ini untuk menghilangkan rasa kantuk dan bosan sepanjang perjalanan. Selain itu biarkan juga ia mendengarkan lagu dari kaset/CD yang ia putar meskipun Anda tidak menyukai lagu itu. Sikap toleransi seluruh penumpang sangat dibutuhkan, untuk menjaga suasana hati driver. Jangan banyak memberi komentar seolah-olah Anda lebih lihai dalam mengemudi. Hal ini sering membuat dongkol driver, akibatnya mengganggu konsentrasinya dalam mengemudikan kendaraan.

  • Di perjalanan akan ditemui berbagai macam karakter orang dalam mengemudikan kendaraan, ada yang sopan, ada yang ugal-ugalan, bahkan ketemu kendaraan yang melaju seperti siput. Di sini peran co-driver sangat diperlukan, seperti membantu melihat ke depan, apakah lajur depan sebelah kiri kosong dan aman untuk menyalip atawa tidak. Anda harus bisa memperkirakan antara kecepatan dan jarak kendaraan jika memutuskan untuk menyalip kendaraan di depannya.
  • Jangan segan-segan mengingatkan driver untuk istirahat, jika Anda melihat tanda-tanda kelelahan yang ada padanya. Jika Anda bisa mengemudi tak ada salahnya Anda menggantikan sementara menjadi driver, gantian ia yang menjadi co-driver Anda.

Selamat mudik, hati-hati di jalan. Selamat di tujuan. Lebaran bersama sanak-saudara makin menyenangkan.

(Visited 1 times, 1 visits today)