Tas

Namanya singkat saja, TAS. Ia merupakan salah satu karya peradaban manusia berupa wadah tertutup yang dapat dibawa bepergian. Tidak ada yang tahu persis kapan tas ini tercipta, tidak tercatat khusus dalam literature tertentu. Sejak jaman purba, tas sudah digunakan meskipun bentuknya masih sangat sederhana, sebuah anyaman yang menyerupai keranjang.

Fungsi tas sangat banyak, apalagi jika kedua tangan manusia sudah kewalahan membawa barang. Tas digunakan untuk membawa pakaian, barang belanjaan, buku, dan lain-lain. Mengikuti perkembangan zaman model tas sangat bervariasi. Tas yang dapat digendong di punggung disebut ransel. Tas yang besar untuk memuat pakaian disebut koper. Tas yang dililitkan di pinggang, disebut tas pinggang. Tas untuk membawa perlengkapan anak-anak sekolah disebut tas sekolah. Ada pula tas kantor yang biasa dipakai oleh karyawan perusahaan. Tas berbentuk kotak yang biasanya dipergunakan oleh kaum wanita untuk membawa peralatan kecantikannya, tas kecantikan namanya. Bahkan pemakaian tas disesuaikan dengan barang yang ada di dalamnya, seperti tas laptop, tas kamera/handycam, tas ransum (untuk tempat bekal makanan dan minuman), tas mukena, dan sebagainya.

Selain itu ada tas kresek, dinamakan demikian karena bunyinya. Tas jenis ini dimanfaatkan sebagai wadah barang belanjaan.

Bahan pembuat tas juga bervariasi, ada yang dari kulit binatang, kertas, plastik atau kain, bahkan sekarang dikembangkan menggunakan bahan dari plastik-plastik bekas kemasan.

Bagi sebagian besar wanita, tas adalah gaya hidup. Tak jarang satu orang mempunyai sepuluh tas bahkan lebih. Penggunaan tas disesuaikan dengan pakaian yang dikenakan saat itu, atau lain acara lain tasnya. Ke arisan menggunakan tas ini, ke kantor yang tas itu, ke kondangan tas yang sana, ke supermarket pakai tas yang sini. Maka tidak mengherankan bisnis tas menjadi salah satu industri yang sangat menggiurkan. Sebut saja sedikit dari banyaknya sentra industri tas, seperti Tajur Bogor atau PIK di Jakarta Timur. Ke Bandung kurang lengkap kalau belum mampir Terminal Tas atau Elizabeth. Lihatlah berapa banyak wanita menghabiskan sebagian uangnya untuk membelanjakan tas.

Apakah Anda termasuk kolektor tas?

(Visited 1 times, 1 visits today)