Slenco

Slenco adalah sebuah kata dalam bahasa Jawa yang menggambarkan situasi yang tidak nyambung atawa tidak cocok atawa tidak sesuai, baik suatu perbuatan atawa perkataan atawa berkomunikasi. Cara pengucapan slenco yakni sle-nya seperti mengucapkan slengekan, sedangkan co-nya seperti mengucapkan kata codot.

Perbuatan atawa perkataan yang masuk kategori slenco dapat kita alami sehari-hari. Misalnya kita menghadiri sebuah undangan, seharusnya pada hari Kamis namun kita datang di hari Rabu atawa Jumatnya tentu saja ini keliru. Situasi semacam ini masuk kategori slenco.

Sendal slenco di pelataran Masjid Agung Jateng, Sept 2010

Pakaian yang dipakai pun bisa slenco, misalnya atasan warna ungu, bawahan hijau tua. Nggak matching atawa slenco. Lengan baju antara kiri dan kanan tidak sama panjangnya, juga disebut slenco. Mengenakan kancing baju yang tak sesuai dengan lubangnya, sehingga membuat bagian bawah baju kita jonjing, itu pun bisa disebut slenco. Sepatu hitam berkaos kaki warna merah menyala, juga dikatakan slenco.

Dalam suatu acara resmi, pasangan Anda berpakaian sangat rapi tetapi Anda mengimbanginya dengan pakaian asal-asalan, Anda bisa dikatakan pasangan yang slenco. Kata slenco juga bisa digunakan untuk pengaturan kamar atawa ruangan di dalam rumah. Antara cat rumah dengan kelir gorden nggak cocok, bisa dikatakan slenco.

Slenco dalam komunikasi lebih sering terjadinya. Misalnya, orang bertanya apa, jawabnya ke mana. Di dalam dunia per-blog-an juga sering terjadi slenco. Orang menulis apa, komentarnya nggak nyambung bablar blas.

Kata para pujangga, Jaka Sembung bawa golok.

Calon karyawan ditolak diterima bekerja karena melakukan slenco saat wawancara kerja. Calon gubernur ditolak rakyat karena kampanyenya masuk kategori slenco berat. Ketua parlemen dihujat banyak orang karena omongannya slenco. Presiden dikritik karena pidatonya slenco, antara ucapan dan tindakannya tidak sama.

Jaman sekarang ke-slenco-an menjadi justru menjadi tren. Di bidang fesyen, barang slenco mahal harganya. Bagi koruptor, alasan slenco menjadi senjata ampuh untuk memperingan hukuman yang diterimanya.

Anda suka slenco juga?

(Visited 1 times, 1 visits today)