Shocked

Kadang kalau sedang nyetel tipi, saya suka lihat film kartun Spongebob. Lucu sekali tingkah polah makhluk yang hidup di Bikini Bottom tersebut. Sudah tuwir kok masih suka nonton kartun anak-anak toh, Mas? Mungkin tak hanya Spongebob yang saya suka, ada Tom & Jerry, Donal Bebek, Pink Panther, dan lain-lain pokoknya kartun tokoh binatang.

Saya jadi ingat di masa kecil dulu. Umumnya anak-anak kampung yang suka menjahili binatang, saya juga melakukan hal sama untuk mendapatkan efek kelucuannya. Kalau difikir-fikir secara waras, tindakan menjahili binatang tersebut termasuk kategori tindakan yang kejam sebab bertentangan dengan peri-kehewanan.

Apa saja itu?

Menjahili ayam dengan mengumpankan jagung yang dipasang di dalam daun pisang yang dibentuk cone. Biji-biji jagung ditusuk dengan lidi (mirip sate), lalu kedua ujung lidi ditusukkan ke daun pisang. Ayam yang mematuk jagung berbentuk sate tersebut akan susah melepaskan dari mulutnya, sebab cone daun pisang akan menjadi semacam topeng yang menutupi wajahnya. Di sinilah letak kelucuannya. Mata ayam yang tertutup dan kesulitan melepas jagung dari mulutnya akan membuat ayam kebingungan. Berlarian tak tentu arah.

Mengisengi larva undur-undur. Anda tahu kan binatang undur-undur? Cara menjahili dengan memancingnya keluar dari sarang jebakan yang dibuat oleh larva undur-undur. Bukan dengan alat pancing, tetapi dengan menggunakan potongan ranting pohon, di mana ujung ranting tersebut dimasukkan ke pusat sarang lalu diputar-putar. Kalau nasib lagi mujur ujung ranting akan digigit oleh larva undur-undur. Asyiknya kalau kita bisa mengangkat ranting yang ujungnya masih digigit oleh larva undur-undur.

Menggoda sowang atawa angsa. Hewan berleher panjang ini cukup berisik. Tak jarang, ia suka menyosor orang yang lewat di dekatnya. Nah, untuk mengisenginya, tinggal mengagetkan si sowang. Kalau ia terkejut akan mengejar orang yang mengusik keasyikannya.

Menyemangati anjing kawin. Anjing kalau lagi kawin tak tanggung-tanggung dalam berpose. Bagaimana itu? Pantat beradu pantat. Nah, anak-anak suka bertepuk tangan menyemangati sepasang anjing yang tengah indehoi tersebut. Sorak-sorai akan semakin ramai ketika masing-masing saling tarik menarik. Hayo, siapa yang akan menang?

Masih menjahili anjing. Sudah tahu kalau anjing tetangga galak, kalau lewat depan rumah tetangga tersebut memancing anjing supaya menyalak. Begitu anjing menyalak keras, saya akan berlari sekencang-kencangnya.

Dan masih ada beberapa keisengan terhadap binatang lainnya.

(Visited 3 times, 1 visits today)