Sepatu Dahlan

Apakah Anda nonton acara Kick Andy dengan bintang tamu Pak Dahlan Iskan yang tayang di Metro TV tanggal 15 Juni 2012 kemarin? Anda memerhatikan nggak ekspresi para penonton di studio ketika Mas Andy Noya mengatakan akan membagi buku Sepatu Dahlan kepada semua penonton? Mata para penonton berbinar-binar dan terdengar tepuk tangan riuh. Kehidupan yang dijalani Pak Dahlan Iskan memang menginspirasi banyak orang, bahkan tulisan beliau dalam serial Manufacturing Hope setiap hari senin banyak dinantikan para fans Pak Dahlan Iskan.

~oOo~

Bagi saya, buku Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara tersebut sangat istimewa, gara-garanya ada tanda tangan asli Pak Dahlan Iskan yang ditorehkan di halaman xiii di atas kalimat “Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya.” – Dahlan Iskan. Saya tak hendak mereview novel yang diterbitkan oleh Noura Books (Mei 2012) setebal 371 halaman itu, namun akan mengutipkan komentar Pak Dahlan Iskan atas terbitnya Sepatu Dahlan.

~oOo~

Saat pertama diberi tahu mengenai penulisan novel ini, saya kaget. Novel dengan inspirasi kehidupan saya? Wow! Seperti apa ya? Saya memang pembaca novel. Sampai sekarang pun, di tengah kesibukan saya menjabat menteri BUMN, saya masih mengharuskan diri untuk membaca novel-novel bermutu. Saya senang sekali saat tahu yang akan menulis novel Sepatu Dahlan ini Khrisna Pabichara, seorang sastrawan serius yang karya-karyanya sebelum ini sangat bermutu.

Dalam novel ini ada cerita mengenai jalan hidup saya, tangis dan tawa saya, terutama mengenai optimisme dan rasa syukur saya saat pertama kali memiliki sepatu – sepatu kets – ketika saya sudah kelas tiga SMA (Aliyah). Juga, bagaimana saya hanya menentengnya dan tetap nyeker ke sekolah, supaya sepatu itu tetap awet.

Saya tahu Khrisna Pabichara mengadakan riset yang serius dan menulis novel ini dengan hatinya. Meski beberapa adegan dan tokoh ditulisnya adalah fiktif (ingat: Sepatu Dahlan adalah sebuah novel), semangatnya tetap sama. Hasilnya, sebuah novel yang renyah dibaca dan indah. Harapan saya, semoga terselip inspirasi dan manfaat di novel Sepatu Dahlan ini untuk semua pembacanya.

It’s a must read.

Salam hangat,
Dahlan Iskan

(Visited 1 times, 1 visits today)