Pak Bejo rajin ke masjid

Semenjak pulang dari Tanah Suci, para tetangganya kini memanggilnya dengan sebutan Haji Bejo. Jika ada yang bertanya hendak ke mana, maka orang tersebut akan menjawab mau belanja ke toko Haji Bejo. Dulu, mereka menyebutnya toko Pak Bejo.

Peci putih juga tak lepas dari kepala Pak Bejo. Identitas haji dapat dikenali dari peci putih yang dikenakannya itu. Jika diamati, peci model seperti itu hanya dapat dibeli di sekitaran Masjidil Haram atau Masjid Nabawi, seharga kisaran 3 riyal atau paling mahal 5 riyal. Jadi betul-betul peci asli Tanah Suci.

Lokasi toko Pak Bejo tidak jauh dari Masjid Raya, sehingga hampir lima waktu shalatnya, ia selalu berada di masjid. Kebiasaan ini ia lakukan sejak ia pulang berhaji. Sebelum berhaji dulu, ia jarang ke masjid. Ia lebih suka shalat di ruang kecil sebelah kulkas yang berada di tengah tokonya.

Kang Ahmad, marbot Masjid Raya, kini sedikit terbantu oleh kehadiran Pak Bejo yang datang mendahului jamaah lain. Satu jam sebelum azan subuh, Pak Bejo sudah masuk masjid. Ia melakukan shalat tahajud dan shalat sunat lain. Demikian juga dengan shalat zhuhur di siang harinya, Pak Bejo datang lebih gasik untuk bantu-bantu Kang Ahmad menyapu masjid atau membereskan ini-itu.

“Saya ingin Masjid Raya ini seperti Masjid Nabawi, Kang!” ujar Pak Bejo pada suatu sore.

“Ada apa di Masjid Nabawi, Pak Haji?” tanya Kang Ahmad sambil menggelar karpet shaf ketiga.

“Masjid Nabawi bikin betah jamaah beribadah berada di dalamnya. Kang Ahmad jangan tersinggung ya kalau saya ikut bantu bersih-bersih masjid kita ini,” kata Pak Bejo.

“Ya nggak lah, Pak Haji. Saya malah senang ada jamaah yang peduli dengan masjid kita ini,” jawab Kang Ahmad.

Jamaah Masjid Raya dalam sebulan ini merasakan perubahan suasana masjid. Jauh lebih nyaman untuk beribadah. Pengurus DKM sangat terbuka pada usulan Pak Bejo. Apakah jamaah Masjid Raya hanya Pak Bejo saja yang pernah berhaji? Ternyata tidak. Kalau dihitung ada belasan jamaah yang pernah berhaji. Tetapi baru Pak Bejo saja yang peduli dengan kenyamanan sebuah masjid.

(Visited 1 times, 1 visits today)