Majalah Bobo, sahabatku

Majalah Bobo edisi 14 April 2011 yang tergeletak di meja tamu menarik perhatian saya. Di covernya tertulis “Happy Birthday! Majalah Bobo ke-38”. Wah, Majalah Bobo sudah berumur 38 tahun ya.

Lamat-lamat pikiran saya mengembara di tahun 1978 atawa 1979, saat itu saya kelas 5 SD. Saya bersama teman-teman – sepulang sekolah, main ke rumah Dwi Sawaldi atawa Kristiawan (?) hanya untuk membaca Bobo. Ya, mereka berlangganan Majalah Bobo. Waktu itu tidak semua anak berkesempatan dibelikan majalah anak-anak oleh orang tuanya. Kalau tidak salah, selain Bobo ada juga majalah anak-anak yang lain yang bernama KUCICA (Aku Cinta Membaca). Membaca Bobo akan melengkapi bacaan kami terhadap majalah anak-anak yang terdapat di perpustakaan sekolah: Majalah Kuncung.

Artikel yang disajikan Bobo hampir semuanya akan terbaca oleh saya, mulai dari halaman awal “Apa Kabar, Bo” hingga “Sayembara Bobo” yang berbentuk Teka-Teki Silang. Rubrik Bobo yang masih teringat di benak saya seperti Cerpen, DongengTak Disangka tentang pengalaman lucu yang dikirim pembaca, Ceritera dari Negeri Dongeng dengan tokoh utama Oki dan Nirmala, Bona Gajah Kecil Berbelalai Panjang yang menceritakan persahabatan Bona dan Rong Rong, Juwita dan Si SirikPaman Kikuk, Husin, dan Asta, Deni si Manusia Ikan, Latihan Soal-soal dan tentu saja Kartun Keluarga Bobo, yang terdiri dari Bobo, Cimut, Paman Gembul, Nenek, Upik, Emak, Coreng, dan Bapak.

~oOo~

Tahun 1998-an, ketika Kika sudah mengenal tulisan dan gambar, ia saya perkenalkan dengan Majalah Bobo. Mulai saat itu saya berlangganan Bobo hingga sekarang ini. Majalah Bobo terwariskan ke adiknya, Lila. Setiap hari Kamis, Lila menunggu Bobo diantar oleh Mas Saldi. Meskipun Kika dan Lila juga membaca Majalah Kawanku dan Girls, Bobo tetap menjadi bacaan favorit mereka.

Kadang saya masih suka mengintip dan membaca Bobo. Saya amati isinya, sebagian besar rubrik yang saya baca di masa SD dulu masih dipertahankan hingga sekarang. Rubrik Juwita dan si Sirik sudah tidak ada, kalau tidak salah dipindahkan ke Majalah Bobo Junior. Liputan Majalah Bobo pun mengikuti perkembangan zaman yang ada seperti menampilkan Harry Potter maupun Justin Bieber.

Anda punya kenangan dengan Majalah Bobo?

(Visited 2 times, 1 visits today)