M.A.L.A

Sungguh banyak kata di sekitar kita yang berunsur M.A.L.A, setidaknya ada beberapa yang pernah saya catat di agenda, di antaranya :

Mala adalah buku kedua dari tetralogi dangdut yang ditulis oleh Putu Wijaya, salah seorang sastrawan besar yang dimiliki Indonesia. Di buku kedua dari tetralogi dangdutnya ini Putu berceloteh tentang banyak hal. Dari konspirasi orang berduit untuk melanggengkan kekuasaannya, hingga siasat orang kecil untuk tak mau kalah mendapat keuntungan dari kejadian di sekitar.

Malaysia adalah sebuah negara federasi yang terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan di Asia Tenggara seluas 329.847 km persegi dengan ibukota Kuala Lumpur.

Malaka adalah nama sebuah selat yang terletak di antara Semenanjung Malaya (Thailand, Malaysia, Singapura) dan Pulau Sumatra (Indonesia). Dari segi ekonomi dan strategis, Selat Malaka merupakan salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia, sama pentingnya seperti Terusan Suez atau Terusan Panama. Selat Malaka membentuk jalur pelayaran terusan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta menghubungkan tiga dari negara-negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia: India, Indonesia dan Republik Rakyat Cina.

Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa parasit yang merupakan golongan Plasmodium, di mana proses penularannya melalui gigitan nyamuk Anopheles. Protozoa parasit jenis ini banyak sekali tersebar di wilayah tropik, misalnya di Amerika, Asia dan Afrika.

Malapetaka adalah kejadian merugikan yang tidak dapat dihindari. Malapetaka yang terkenal salah satunya peristiwa Malari = Malapetaka Lima Belas Januari yakni peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan sosial yang terjadi pada 15 Januari 1974. Peristiwa itu terjadi saat PM Jepang Tanaka Kakuei sedang berkunjung ke Jakarta (14-17 Januari 1974). Mahasiswa merencanakan menyambut kedatangannya dengan berdemonstrasi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Karena dijaga ketat, rombongan mahasiswa tidak berhasil menerobos masuk pangkalan udara.

Malapoga adalah salah satu sebutan/jenis kayu rimba campuran yang banyak dijumpai di Sulawesi.

Malakologi adalah cabang zoologi yang mempelajari semua aspek kehidupan (biologi) moluska. Malakologi mempelajari aspek pengetahuan dasar dan terapan, yang terakhir khususnya mencakup bidang budidaya.

Malakogami adalah penyerbukan (sampainya serbuk sari di kepala putik) dengan bantuan siput/bekicot.

Malabar adalah nama sebuah gunung api yang terletak di bagian selatan Kabupaten Bandung dengan titik tertinggi 2,343 meter di atas permukaan laut. Malabar merupakan salah satu puncak yang dimiliki Pegunungan Malabar. Beberapa puncak yang lain adalah Puncak Mega, Puncak Puntang, dan Puncak Haruman. Gunung Malabar mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montana, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung. Gunung Malabar identik dengan perkebunan teh yang didirikan oleh Bosscha.

Malabsorbsi adalah kelainan-kelainan yang terjadi akibat penyerapan zat gizi yang tidak adekuat dari usus kecil ke dalam aliran darah. Dalam keadaan normal, makanan dicerna dan zat-zat gizinya diserap ke dalam aliran darah, terutama dari usus kecil. Malabsorbsi dapat terjadi baik karena kelainan yang berhubungan langsung dengan pencernaan makanan maupun karena kelainan yang secara langsung mempengaruhi poses penyerapan makanan.

Malabo merupakan ibukota sekaligus kota terbesar Guinea Khatulistiwa. Republik Guinea Khatulistiwa merupakan satu-satunya negara di Afrika yang berbahasa Spanyol yang sebagian besar wilayahnya masih diselimuti hutan belantara. Terletak di Teluk Guinea, pantai barat Afrika, dengan negara tetangga, Gabon di selatan dan timur serta Kamerun di utara. Guinea Khatulistiwa termasuk negara mini di Afrika.

Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang berbentuk republik, terdiri dari kumpulan atol di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

Malaikat adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT dari nur yang memiliki kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah SWT.

Malahayati adalah seorang perempuan pejuang yang berasal dari Kesultanan Aceh. Pada tahun 1585-1604 memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV. Malahayati memimpin 2.000 orang pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah tewas) berperang melawan kapal-kapal dan benteng-benteng Belanda tanggal 11 September 1599 sekaligus membunuh Cornelis de Houtman dalam pertempuran satu lawan satu di geladak kapal, dan mendapat gelar Laksamana untuk keberaniannya ini, sehingga ia kemudian lebih dikenal dengan nama Laksamana Malahayati.

Malahayu adalah nama waduk yang terletak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dan dibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda. Fungsi waduk ini disamping sebagai sarana irigasi lahan pertanian wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung dan Bulalakamba juga sebagai pengontrol banjir serta dimanfaatkan untuk rekreasi. Di obyek wisata ini dapat ditemukan panorama alam pegunungan yang indah, dikelilingi hutan jati yang luas dan telah dijadikan bumi perkemahan dan wana wisata.

Tentunya juga ada beberapa kata M.A.L.A lain yang ditambahi satu atau dua konsonan seperti : malah, malam, malang atau malas.

Anda punya koleksi yang lain?

Note : Kata-kata di atas saya dapatkan dari berbagai sumber referensi.

(Visited 1 times, 1 visits today)