Kotak amal ada di mana-mana

Kita ini diuntungkan jika ingin bersedekah. Tak terlalu sulit untuk menyalurkan sedekah, sebab kotak amal ada di mana-mana. Sejauh mata memandang, sangat mudah menemukan kotak amal.

Entah siapa yang begitu kreatif meletakkan kotak amal di luar mesjid, seperti di rumah makan, di depan pintu masuk minimarket, di tukang pangkas rambut, di sudut toko, dan sebagainya. Kotak amal ada juga yang mobile, dibawa berkeliling di tengah pasar atawa di keramaian bahkan disertai dengan teriakan dengan pelantang menghimbau kepada orang-orang untuk bersedekah.

Ada juga kotak amal yang ditaruh di tengah jalan. Sebut saja kotak amal, meskipun bentuknya tidak kotak, tapi berupa jaring mirip jala ikan yang diacung-acungkan kepada pengguna jalan untuk melemparkan sedekahnya di jaring mereka. Ada petugas khusus yang memegang mic merayu pengguna jalan, tak jarang ia menyebut berkali-kali nama Tuhan untuk mengetuk pintu hati supaya berkenan memberikan selembar-dua rupiahnya. Kata teman saya, “Nyari sumbangan kok dengan cara mengganggu kepentingan umum.

Perhatikan kotak amal yang biasanya dibuat dengan kaca pada keempat sisinya. Di sana akan ditempel sebuah kertas bertuliskan nama dan alamat pencari sumbangan. Ada yayasan ini-itu, dan alamatnya pun mungkin jauh dari rumah Anda. Uniknya, alamat kotak amal identik dengan daerah asal pemilik usaha yang dititipi kotak amal. Sebagai contoh, di pangkas rambut alamat kotak amal berada di Garut, di warteg alamat kotak amal di Tegal, di rumah makan padang alamat kotak amalnya ada di Sumatera Barat, dan sebagainya. Merantau sekaligus mengumpulkan sumbangan yang akan dimanfaatkan bagi kegiatan keagamaan di kampung halaman. Maka tak heran, meskipun kotak amal tersebut sudah penuh namun belum juga diambil hasilnya oleh pihak panitia pengumpul sumbangan.

Kini kotak amal bisa juga berujud amplop putih. Ada petugas yang membagi-bagikan amplop tersebut, dan Anda diminta mengisi amplop tersebut. Kotak amal semacam ini jamak ditemui di angkutan umum, di depan ATM, di depan minimarket atawa di SPBU.

Tak perlu ada prasangka untuk bersedekah. Jika hati sreg untuk memasukkan rupiah ke kotak amal tersebut, ya masukkan saja. Mudah kan?

(Visited 1 times, 1 visits today)