Kampret

Dalam khazanah Jawa, ada binatang yang diberi nama kampret sebuah sebutan untuk kelelawar yang berukuran kecil pemakan serangga. Banyak orang yang menyebut kalau kampret ini masih satu saudara dengan codot, sejenis kelelawar juga tetapi pemakan buah.

Entah apa salahnya si kampret ini, kok dalam pergaulan sehari-hari namanya dipakai untuk mengekspresikan rasa kesal/sebal bahkan cenderung sebagai umpatan. Ini termasuk jenis umpatan yang memakai nama binatang, seperti misalnya anjing atau monyet. Apa karena wajah si kampret mirip monyet? Embuh.

Ketika masih anak-anak dulu, teman sepermainan saya banyak yang bernama Yanto, ada Sriyanto, Suyanto, Subiyanto, Priyanto, dan sebagainya. Herannya, semua dipanggil dengan Yanto Kampret! Memang sudah jamak di masa kanak-kanak seseorang mempunyai wadanan sendiri-sendiri.

Wadanan adalah nick-name yang bisa berarti sebagai olok-olok yang disematkan di belakang nama seseorang. Misalnya, dari ciri fisik tubuh seseorang. Orang yang berbadan kecil biasa dipanggil menik, krucil, atau kuntet sedangkan orang yang berbadan tambun punya wadanan sebagai bagong. Kalau ada orang yang berbadan tinggi akan dipanggil petruk atau gèntèr (galah).

Masih belum jauh dari urusan fisik seseorang, jika orang tersebut gigi depannya patah atau lepas, ia akan dipanggil bogang atau ompong. Bibirnya dower akan dipanggil mdomblé. Kakinya panjang sebelah dipanggil dèglèk. Orang yang pada pipinya terdapat bekas luka benda tajam dipanggil sebagai codet. Orang yang rambutnya tebal akan dipanggil runggut. Orang yang hidungnya hampir rata dengan pipi dipanggil pesek. Dan masih banyak lagi.

Wadanan digunakan sebagai bentuk keakraban dengan teman sepermainan. Tak ada yang marah dengan sebutan aneh tersebut. Bahkan wadanan tetap lestari hingga mereka beranak-cucu. Seperti misalnya saya bertemu dengan kawan semasa SMA. Ia bercerita kalau habis bertemu dengan teman yang bernama Sarwanto. Otomatis, saya akan mengkonfirmasi apakah yang disebut Sarwanto itu si Sarwanto Pitik? Wadanan di masa kecil telah membantu mengingat postur seorang teman.

Namun sampai sekarang saya masih belum ketemu apa korelasinya nama Yanto dengan kampret.

Apakah Yanto teman panjenengan yang suka marah-marah itu juga kampret?

(Visited 1 times, 1 visits today)