Jadilah Pekerja Berkualitas

Di masa depan makin banyak individu berkualitas. Bersekolah tinggi, menguasai banyak ketrampilan, siap bekerja apa saja dan di mana saja. Orang-orang semacam ini banyak dibutuhkan atau jadi sasaran headhunter, juga diperebutkan. Perebutan bisa amat sengit sehingga banyak perusahaan saling bermusuhan. Di Amerika Serikat, “perjuangan” perusahaan dalam mencari karyawan berpotensi sampai menurunkan produktivitas perusahaan itu.

Di tahun 2025, di setiap tiga pegawai baru terdapat satu perempuan. Untuk pekerjaan manajerial dan profesional, 80% dilakukan kaum perempuan.

Pekerjaan apakah yang akan menduduki peringkat tinggi di masa depan? Top jobs tahun 2015 meliputi ahli bidang neuromedis, ahli kloning organ tubuh manusia, ilmuwan kuantum, eksekutif bisnis real-time, jagoan pemasaran online, terapis peningkat kesehatan, dan ahli kanker.

Di tahun 2030, pekerjaan unggulan antara lain perencanaan pasar ruang angkasa, pemrakira perubahan iklim, pengembang energi surya, pengembang games berbasis hologram, sastrawan, ahli antiterorisme, manajer neuro-marketing, manajer pemasaran hidrogen, pengusaha energi terbarukan, agen bisnis berbasis teknologi nano dan sebagainya.

~oOo~

Entahlah, saya akan menangi jaman itu atawa tidak, tetapi paling tidak prediksi yang disampaikan oleh James Canton, Ph.D, dalam bukunya The Extreme Future: The Top Trends that Will Reshape the World in the Next 20 Years (2007) ini patut kita simak, karena kehidupan kita tidak bisa lepas dari pengaruh perubahan global di luar sana.

(Visited 1 times, 1 visits today)