Ingin menikmati malam di pagi hari

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi tanggal 09 Maret 2016 mengusik hati saya untuk bisa menikmati secara langsung bagaimana matahari ditelan bulat-bulat oleh raksasa di angkasa sana. Peristiwa langka yang baru bisa kita nikmati lagi pada tahun 2252 ini sayang jika dilewatkan begitu saja.

Meskipun Indonesia menjadi tuan rumah GMT 2016, ternyata GMT kali ini hanya melewati wilayah tertentu saja.

Mengutip dari laman lapan.go.id jalur GMT 2016 akan bermula di Palembang (Sumatera Selatan), Bangka Belitung, Sampit dan Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate dan Halmahera (Maluku Utara), Sulawesi Barat, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat.

Sedangkan mereka yang berada di Kota Padang (Sumatera Barat), Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado, dan Ambon akan bisa menikmati fenomena gerhana matahari sebagian.

Lama GMT antara 1,5 hingga tiga menit, dan menurut dia, semakin ke timur akan semakin lama. Waktu GMT di wilayah Indonesia bagian barat terjadi pada sekitar pukul 06.20, di wilayah tengah sekitar pukul 07.25 WITA, dan di wilayah timur sekitar pukul 08.36 WIT.

Pengalaman buruk saya pada GMT 1983 yang lalu tak mau terulang kembali, maka sejak dua minggu lalu sedang mengusahakan bagaimana bisa berada di salah satu kota yang dilalui GMT.

***

Rencana menikmati malam di pagi hari ini sudah saya komunikasikan dengan Kika dan Lila. Saya tak ingin menikmati sendiri. Mereka sangat antusias, tentu saja.

Sungguh tak mudah untuk merealisasikan rencana tersebut, sebab memerlukan pengaturan jadwal yang ketat. Sampai hari ini saya masih menyusun itinerary yang detil, dengan mempertimbangkan ini-itu sebab meleset sedikit saja resikonya saya akan kehilangan banyak biaya.

Atau jika terlambat mengeksekusi rencana, bisa-bisa kehabisan tiket atau hotel. Maklum, pada tanggal 09 Maret 2016 menjadi libur nasional, diperkirakan akan banyak pemburu GMT dalam negeri yang memanfaatkan hari libur ini.

Semoga saja GMT 2016 ini menjadi salah satu rejeki saya.

(Visited 1 times, 1 visits today)