India #4: The Girl on The Train

Directed by Ribhu Dasgupta • Story by Ribhu Dasgupta Based on The Girl on the Train by Paula Hawkins • Starring: Parineeti Chopra, Aditi Rao Hydari, Kirti Kulhari, Avinash Tiwary • Release: 2021

Ketika ngeklik film ini di Netflix, baru menyadari kalau film ini versi India, yang mulanya saya kira film yang tayang di bioskop Indonesia akhir tahun 2016 yang lalu, dengan judul yang sama: The Girl on The Train.

Film tersebut merupakan adaptasi dari novel berjudul The Girl on The Train karya Paula Hawkins. Saya sendiri membaca novel tersebut relatif cepat, karena rasa penasaran: sayang kalau menghentikan bacaan saat seru-serunya.

The Girl on the Train menceritakan kisah seorang wanita alkoholik bernama Rachel yang selalu berpergian dengan kereta komuter yang sama setiap pagi. Setiap hari, ia melintasi sederetan rumah-rumah di pinggiran kota yang nyaman. Ia tertuju ke rumah lamanya bersama mantan suaminya, Tom, yang kini ditempati oleh Tom, istri barunya, Anna dan anak perempuan bernama Evie. Namun, mata Rachel justru tertuju pada tetangga mereka, Scott dan Megan. Kehidupan mereka – seperti yang dilihatnya – begitu sempurna. Tak jauh berbeda dengan kehidupannya sendiri yang baru saja hilang.

Rachel sendiri harus berbohong kepada teman serumahnya, Cathy, yang tidak mengetahui bahwa Rachel sudah dipecat dari kantor akibat datang ke kantor dalam keadaan mabuk selepas jam makan siang, Rachel pun harus berpura-pura pergi ke London setiap hari agar Cathy tidak curiga.

Suatu hari, terdengar bahwa Megan menghilang dari rumah. Rachel merasa bahwa ia terkait dengan peristiwa hilangnya Megan, terutama saat sebelum Megan menghilang, Rachel melihatnya dari balik jendela kereta, sedang bermesraan dengan seorang laki-laki. Didorong rasa empati yang dalam terhadap Scott, sang suami, Rachel memberitahu polisi apa yang ia ketahui tentang Megan. Ia pun menjadi terlibat sepenuhnya dengan kejadian-kejadian selanjutnya, juga dengan semua orang yang terkait.

Bagaimana dengan film versi India?

Film tersebut menggunakan dua bahasa: Inggris dan Hindi. Mira Kapoor adalah seorang pengacara handal yang berhasil menjebloskan Jimmy Baga ke penjara, karena sebuah tuduhan pembunuhan. Rupanya keluarga Baga tidak terima, sehingga mereka mencelakai Mira dan Shekhar, suaminya, ketika mereka mengendarai mobilnya.

Akibat kecelakaan tersebut, Mira kehilangan bayi dalam kandungannya. Tak lama setelah itu ia diceraikan oleh Shekhar. Sejak saat itu ia menjadi pecandu alkohol yang menyebabkan terkena amnesia.

Karena tidak mempunyai pekerjaan, saban hari Mira naik kereta api tanpa tujuan melalui kota London setiap hari. Ia selalu duduk di kursi yang sama dekat jendela, sehingga ia bisa melihat pemandangan di sekitar rel kereta.

Dalam perjalanan tanpa tujuan itu, keretanya selalu melewati rumah Shekhar dan istri barunya. Namun bukan itu yang menjadi perhatian Mira, tetapi rumah di sebelahnya. Rumah itu dihuni oleh Nusrat dan pasangannya, Anand. Di mata Mira, Nusrat sangat bahagia dalam pernikahannya.

Pada perjalanan hari yang lain, Mira memergoki adegan Nusrat dipeluk oleh lelaki lain, bukan Anand. Mira berkesimpulan kalau Nusrat telah berselingkuh. Dengan perasaan marah dan kecewa, ia datangi rumah Nusrat. Sayangnya, rumah Nusrat terkunci. Namun ketika ia melihat Nusrat berjalan ke arah hutan dan ia pun menguntit langkah-langkah Nusrat.

Alangkah terkejutnya Mira, ketika mengetahui siapa lelaki yang ditemui Nusrat di dalam hutan: Shekhar, mantan suaminya! Nusrat mengabarkan kepada Shekhar kalau ia hamil dan hal itu membuat Shekhar marah dan mencekik leher Nusrat.

Mira dipukul seseorang hingga dahinya terluka dan pingsan. Esoknya ia menerima kabar kalau Nusrat hilang. Seorang polisi perempuan menyelidiki hilangnya Nusrat dan menemukan Nusrat sudah tewas. Mira menjadi tersangka utama pelaku pembunuhan terhadap Nusrat.

(Visited 2 times, 1 visits today)