Dering di Tengah Shalat

Dalam suatu forum pengajian, setelah menyampaikan materi tentang shalat Ustadz Asnoor ditanya oleh salah satu santrinya.

“Saya mau bertanya Ustadz. Sering kita alami kejadian saat shalat jumat terdengar bunyi HP dari salah seorang jamaah. Hal ini sangat mengganggu konsentrasi shalat jamaah lainnya. Padahal sebelum khutbah dimulai, sudah diumumkan agar mematikan HP. Yang saya tanyakan, apakah diperbolehkan mematikan HP saat kita shalat? Mohon penjelasan Ustadz.”

Hening sejenak. Ustadz pun menjawab pertanyaan itu.

“Bayangkan saat ini kamu sedang menghadap Presiden. Oh, terlalu tinggi, Bupati saja. Kamu diterima di ruang tamunya. Ketika kamu sedang menyampaikan maksud kehadiranmu di hadapan Bupati, tiba-tiba HP-mu berbunyi. Apa yang akan kamu lakukan? Membiarkan saja, mengangkat atau mematikan? Kamu pasti akan buru-buru mematikan HP itu dan meminta maaf kepada Bupati, karena gangguan dering HP.”

Ustadz melanjutkan penjelasannya, “Perhatikan juga cara kamu berpakaian. Wangi dan rapi sekali bukan? Tidak mungkin kamu menggunakan kaos oblong apalagi kaos belel ketika bertemu Bupati. Semua yang kamu lakukan untuk menghormati Bupati. Ada pertanyaan lain?” Tatapan mata Ustadz menyebar ke seluruh ruangan.

Santri yang bertanya tadi tunjuk jari, “Sebentar Ustadz, terus jawaban atas pertanyaan saya apa dong?”

Ustadz Asnoor berpaling ke arah saya dan berkata, “Gus, coba bantu jelaskan lagi!”

(Visited 1 times, 1 visits today)