CRP: Hand Shower

Dalam Panel Diskusi Terbatas (PDT) yang saya ikuti kemarin siang ada cerita yang menarik. PDT ini diadakan sebulan sekali diikuti oleh sekitar 30 perusahaan, meskipun yang tercatat sebagai anggota ada 120 perusahaan. Tema yang diangkat kali ini adalah Cost Reduction Program (CRP).

Di saat krisis ekonomi CRP menjadi suatu keniscayaan. Semua perusahaan melakukan CRP: hemat menggunakan energi, hemat berkomunikasi, hemat dalam pemakaian kertas, hemat di biaya perjalanan dinas, pokoknya hemat di semua bidang agar operasional perusahaan tetap berjalan tanpa melakukan PHK karyawan.

PDT kemarin menampilkan satu panelis, suatu perusahaan elektronik PMA dengan jumlah karyawan sekitar 2.500 orang, 90%-nya perempuan. Mereka memaparkan CRP pemakaian air. Selama ini mereka sangat boros dalam hal pemakaian air. Konsumsi pemakaian air perusahaan tersebut 97% untuk urusan domestik (toilet dan kantin).

Sebuah CRP-Team dibentuk, tugasnya menurunkan konsumsi pemakaian air. Team ini mencatat, pemborosan air terjadi karena di toilet mereka menggunakan ember dan gayung. Sekali saja karyawan menunaikan hajatnya, ia akan menghabiskan paling tidak satu ember air (konon, cebok nggak menggunakan banyak air serasa kurang afdol).

Rekomendasi CRP Team: ganti ember dan gayung dengan hand shower! Fasilitas: air hangat dan tisue gulung.

Perusahaan pun segera memasang hand shower bertekanan cukup di setiap toiletnya. Tisue gulung sebenarnya dari dulu memang sudah disediakan di toilet. Sosialisasi pun segera dilakukan oleh HRD Dept. Petunjuk cara penggunaan hand shower ditempelkan di setiap toilet.

Di bulan pertama data yang diperoleh sungguh mengejutkan:

  • Pemakaian air masih mendekati angka 97%
  • Karyawan berada di toilet memakan waktu lebih lama, hal ini mempengaruhi produktivitas kerja
  • Dari dalam toilet sering terdengar suara: ooughhhh!!!

Kira-kira, apakah Anda tahu penyebabnya?

Note : Dengan upaya yang cukup keras, enam bulan belakangan CRP ini menunjukkan hasilnya. Mereka berhasil menurunkan tingkat konsumsi air hingga 48%.

(Visited 1 times, 1 visits today)