Sandi

Sandi merupakan sebuah parameter dalam melindungi sesuatu hal yang dianggap penting dan rahasia. Sebuah sandi sengaja dirahasiakan dan hanya pada kalangan terbatas saja yang bisa mengurai arti dari sandi yang dibuat itu.

Dalam kegiatan Pramuka di sekolah kita diajarkan bagaimana membuat dan membaca sebuah sandi. Ada berbagai macam sandi di dalam Pramuka, seperti sandi angka, sandi kotak, sandi rumput, sandi sungai, sandi semaphore, sandi morse dan sandi koordinat. Cara mempraktekkan sandi-sandi tersebut biasanya dilakukan pada kegiatan mencari jejak.

Dalam tataran ketatanegaraan, sandi menjadi sangat penting karena hal ini menyangkut rahasia negara. Sir Winston Churchill PM Inggris bersama Presiden AS Franklin D. Roosevelt pernah mengalami suatu peristiwa yang akhirnya menyadarkan mereka betapa sangat pentingnya arti sandi dalam sebuah negara. Saat itu Sir Winston Churchill dan Roosevelt mengadakan pertemuan yang membahas ofensif Jerman atas dataran Eropa. Hasil pembicaraan tersebut ternyata berhasil dibocorkan oleh seorang kepercayaan Dinas Rahasia Inggris(MI6).  Tetapi Kepolisian Inggris berhasil mencium adanya tindakan sabotase terhadap hasil pembicaraan tersebut, akhirnya Polisi Inggris melakukan penggeledahan terhadap seorang anggota Dinas Sandi Inggris(GCHQ). Dari kamar agen tersebut diperoleh 1500 copies dokumen kawat sandi tentang perkembangan kerja sama Inggris-Amerika. Akibat kebocoran tersebut berpengaruh sangat besar, salah satunya adalah jatuhnya Perancis ke tangan Jerman.

Sandi akrab dengan kehidupan kita. Barangkali Anda pun mengunakan sandi tertentu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Contoh konkretnya, Anda dan teman Anda tentu tidak akan bisa berterus terang membicarakan sesuatu yang rahasia sementara di dekat Anda ada orang lain. Terpaksa Anda menggunakan sandi.

Saya tidak menyarankan hal ini Anda lakukan, selain tidak sopan tindakan tersebut berpotensi menyinggung perasaaan orang yang tidak nyambung pembicaraan Anda dan teman Anda tadi.

Anda punya sandi-sandi tertentu yang hanya diketahui oleh kalangan terbatas?

(Visited 1 times, 1 visits today)