BND

Pantas saja Pak Mars tidak pernah kehabisan ide untuk mengolah satu kata. Kalau dicermati, banyak nian kata di seputar kita yang cara pengucapannya hanya mengganti huruf vokalnya saja. Misalnya : sebuah kata terdiri dari 5 huruf, di mana B sebagai huruf pertama, N huruf ketiga dan D huruf keempat. Huruf kedua dan kelima, variasi huruf vokal.

BANDA, berarti aset, harta atau kekayaan. Ia juga nama pulau di Nusantara dan nama sebuah kota yang punya nama lain sebagai serambi Mekah.

BANDO, atau hiasan rambut. Berbagai macam model dan warnanya bisa menambah keindahan penampilan rambut seorang wanita.

BENDA adalah entitas, jasad, obyek, sesuatu, substansi atau zat yang mempunyai dimensi, rasa, sifat-sifat tertentu. Ia bisa diukur panjang, lebar, luas, berat, volume, kecepatan, percepatan dan sebagainya. Ia bisa berasa asin, manis, pahit atau rasa yang lainnya. Ia pun bisa berujud cair, padat atau gas.

BENDE adalah semacam gong yang bentuknya lebih kecil. Bende sering dibawa saat perang, dipukul bertalu-talu untuk memberikan semangat kepada para prajurit. Bende yang paling terkenal jaman Kerajaan Mataram dulu adalah Kyai Bende Mataram.

BENDI sebutan lain untuk andong, cikar, delman, dokar, kereta kuda atau sado. Bendi beroda dua ditarik oleh seekor kuda.

BENDO, dalam bahasa Sunda berarti destar, ketu udeng, saluki. Sedangkan dalam Minangkau disebut tengkuluk. Dalam bahasa Jawa dan daerah lainnya berarti bayung, bedama, belangkas, gedubang, golok, kelewang atau parang.

BENDU adalah kata klasik yang berarti sahabat, ikhwan, kawan, kenalan, sejawat atau teman. Kata ini sudah jarang digunakan, tetapi dapat dijumpai dalam beberapa literatur sastra lama.

BINDU, kata lain untuk bubut. Membindu berarti membubut.

BUNDA, sebutan untuk emak, ibu, ibunda, mama, mami atau umi. Di khazanah perblogan, panggilan ini banyak digunakan. Anda bisa menyebutkan Bunda siapa saja?

BUNDO, idem Bunda, tetapi khususon untuk wilayah Minang. Banyak sekali RM Padang atawa Minang yang menggunakan nama Bundo ini, seperti Bundo Sati, Sari Bundo, Bundo Kanduang dan lain-lain.

(Visited 1 times, 1 visits today)