PR-ku 3, punyamu berapa?

Beberapa hari yang lalu dunia perblogan heboh, gara-gara  Google memberikan kejutan kepada para narablog nilai Page Rank (PR) kepada masing-masing website. Ada yang menyambut dengan cara berjingkrak-jingkrak, ada yang melakukan sujud syukur, ada yang bagi-bagi cinderamata, ada yang mbrebes mili, ada yang biasa-biasa saja, ada yang diam seribu bahasa, dan tentu saja ada yang misuh-misuh menanyakan kenapa blog-nya masih diberi PR=0!

Siapa yang mendapatkan PR=0 tersebut? Dia Yang Nggak Boleh Disebut Namanya (ah.. seperti Lord Voldemort saja ya) itulah yang saya maksud dan Mr. Lord Voldemort berniat menggugat Google. Bayangkan saja, teman yang satu ini rajin up date blognya dan blog walking juga rajin dia lakukan, loh. 

Arkian, saya pun menyarankan agar  ia mengirim e-mail kepada Lawrence Page dan Sergey Brin, dua tokoh yang membuat algoritma PR yang terkenal itu. Dan inilah reply-nya :

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1 – 10. Sebuah situs yang mempunyai PR=9 akan diurutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google dari pada situs yang mempunyai PR=8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Teman saya semakin mumet ketika dilampirkan juga rumus algoritma PR, seperti ini :

Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d [{ PR(T1) / C(T1) } + … + { PR(Tn) / C(Tn) }]
Salah satu algoritma lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d [{PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn)}]
di mana,
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh Google)

Mata teman saya makin berkunang-kunang, dan sebelum pingsan ia berteriak : “terseraaahhhhhh….  Google mau ngasih PR gw berapa…… gw nggak peduliiiiiiii lageeeee……!!!”

Anda yang bisa membantu teman saya untuk menguraikan rumus algoritma di atas? Saya sih, sejak awal sudah angkat tangan…

(Visited 1 times, 1 visits today)