Negeri sejuta musim

Salam Rebo Kliwonan.

Negeri yang terkenal sebagai zamrud khatulistiwa mempunyai dua musim utama yakni musim hujan dan musim kemarau. Namun, di balik kedua musim tersebut ada jutaan musim lain yang tumbuh dan berkembang di negeri yang disinyalir sebagai Atlantis yang hilang ini.

Kedua musim tersebut menjadikan tanah negeri ini subur makmur yang kata Koes Plus orang bilang tanah kita tanah sorga, tongkat dan batu jadi tanaman. Karena suburnya itulah sepanjang tahun akan menikmati banyak musim buah-buahan: mangga, pepaya, pisang, jambu, apel, anggur, durian, mundu, klengkeng, duku, sirsak, naga, matoa, kweni, munggur, rambutan, ace, belimbing, salak, dan masih berjibum lagi.

Selain musim buah ada musim panen beraneka macam palawija dan rempah-rempah seperti ketela, jagung, ubi-ubian, kentang, ketumbar, kemiri, lengkuas, jahe, temulawak dan sak pol-polnya macam tanaman obat-obatan. Semua bisa dipanen di sepanjang musim. Musim membabat hasil hutan musimnya sepanjang waktu tanpa ada jeda istirahat: meranti, jati, ulin, bangkirai, kruing, kamper, rotan, damar, kemenyan dan teman-temannya. Kebun-kebun di belakang rumah kita pun menghasilkan komoditas sepanjang musim: kelapa, tebu, sawit, jarak, siwalan, apa lagi coba? Duh, banyak banget! Belum jenis sayur-mayurnya.

Musim menambang juga sepanjang tahun. Apapun rasanya ada di sebongkah tanah kita: emas, nikel, tembaga, perak, gas, minyak, batu bara, dan mineral-mineral lain yang mahal harganya.

Di kehidupan rakyatnya ada banyak musim juga. Musim kampanye untuk pilkada yang berlangsung sepanjang tahun, lalu musim kampanye ini sampai puncaknya pada pemilihan caleg dan presiden. Di balik musim kampanye terselip musim menebar uang, musim intimidasi, musim bikin spanduk/umbul-umbul, musim tempel-tempel foto, musim bagi kaos dan musim protes mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Kemudian, datanglah musim orang gila baru!

Sepanjang tahun akan ditemui musim melakukan korupsi secara berjamaah, jika ketahuan berkorupsi musimnya jadi buronan, lalu muncul musim koruptor sakit. Kemudian saat sidang Tipikor muncul musim vonis ringan.

Di media sosial pun timbul berbagai musim, di antaranya musim ber-BBM-an atawa bertwiteran, lalu saling mencela dan menghujat karena diawali saling pamer – apapun dipamerkan. Sstt, barusan muncul musim menolak Lady Gaga! Padahal di sekeliling kita sedang musim-musimnya pentas organ tunggal dengan penyanyi sangat seronok, sensual malah mendekati nggilani. Gaya Lady Gaga kalah telak deh dibandingkan gaya sinden organ tunggal itu!

Perhatikan: musim galau, musim boy/girl band, musim alay, musim bus masuk jurang, musim ragu-ragu, musim video porno, musim film hantu, musim lagu melayu, musim sinetron lebay, musim salah tembak, musim artis cerai, musim interupsi, musim flu burung, musim antri BBM, musim dukun tiban.

Musim membubarkan sekelompok orang yang sedang berdiskusi. Musim mengintimidasi sekelompok orang yang sedang beribadah. Musim bentrok antar golongan, bentrok antar ormas, bentrok antar aparat. Parah. Akut. Memprihatinkan.

Hanya di negeri ini yang punya musim libur di hari kejepit. Minggu ini rasanya libur hari kejepit paling panjang di tahun ini, mulai tanggal 17 hingga 20 Mei nanti. Horeee!!!

(Visited 1 times, 1 visits today)