WR Rendra atawa WS Supratman?

Barangkali alamat kantor atawa rumah Anda berada di Jalan HR Rasuna Said? Atau di Jalan MT Haryono? Tahukah Anda, HR dan MT tadi singkatan apa? Atawa kita sering mendengar singkatan nama seseorang yang terkenal disebut dalam berita-berita di radio atau televisi tetapi kita jarang mengetahui kepanjangan singkatan nama tersebut.

Saya mencoba mengumpulkan nama-nama orang terkenal yang di depan atau di tengahnya berupa singkatan :

AA (Ali Akbar) Navis adalah seorang sastrawan dan budayawan terkemuka di Indonesia.

AH (Abdul Harris) Nasution adalah seorang pahlawan nasional Indonesia yang merupakan salah satu tokoh yang menjadi sasaran dalam peristiwa Gerakan 30 September.

Anggun C (Cipta) Sasmi adalah penyanyi Indonesia yang saat ini telah memiliki kewarganegaraan Perancis.

Arifin C (Chairin) Noer adalah sutradara teater dan film asal yang beberapa kali memenangkan Piala Citra untuk penghargaan film terbaik dan penulis skenario terbaik.

Buya HAMKA (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) adalah sastrawan Indonesia, sekaligus ulama dan aktivis politik.

C (Cornelis) Simanjuntak adalah pencipta lagu-lagu nasional salah satunya Maju Tak Gentar

DI (Donald Isaac) Panjaitan adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia.

Endang S (Sukesih) Taurina adalah seorang penyanyi pop Indonesia yang populer tahun 1980-an, yang merupakan salah satu penyanyi yang diorbitkan oleh pengarang lagu senior Rinto Harahap.

HR (Hajjah Rangkayo) Rasuna Said adalah salah seorang pejuang kemerdekaan Indonesia dan juga pahlawan nasional Indonesia. Seperti Kartini, ia juga memperjuangkan adanya persamaan hak antara pria dan wanita.

Imam S (Sunaryo) Arifin adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu dangdut, salah satunya Menari Di Atas Luka dan Jandaku.

Leila Ch (Chairani) Budiman adalah seorang psikolog yang pernah mengasuh rubrik konsultasi di Harian Kompas edisi Minggu.

MT (Mas Tirtodarmo) Haryono adalah salah satu pahlawan revolusi Indonesia.

Solihin GP (Gautama Poerwanegara), penjuang 45 dan mantan gubernur Jawa Barat serta menjabat Sesdalobang di era Soeharto.

SH (Singgih Hadi) Mintardja adalah seorang pionir cerita silat dari Yogyakarta, salah satu karya paling fenomenal berjudul Keris Nagasasra dan Sabuk Inten.

WS (Wahyu Sulaeman) Rendra (lahir sebagai Willibrordus Surendra Broto Rendra) adalah penyair ternama yang kerap dijuluki sebagai “Burung Merak”.

WR (Wage Rudolf) Supratman adalah pengarang lagu kebangsaan Indonesia Indonesia Raya dan pahlawan nasional Indonesia.

Yogie S (Suardi) Memet adalah seorang tokoh militer dan politik Indonesia yang pernah menjabat Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Jawa Barat.

Sampai sekarang saya masih kesulitan menemukan kepanjangan huruf L, pada nama aktris yang juga dosen UI ini: Niniek L. Karim.  Anda tahu?

(Visited 3 times, 1 visits today)