Terima kasih pak SBY

Ucapan terima kasih selayaknya saya ucapkan kepada Presiden SBY, untuk dua hal sebagai berikut:

Pesawat Kepresidenan

Terlepas dari pro dan kontra mengenai pengadaan Pesawat Kepresidenan milik Republik Indonesia, saya bangga ketika pemimpin negara sebesar Indonesia akhirnya mempunyai pesawat sendiri, tak perlu menyewa atau meminjam kepada pihak lain.

Indonesia negeri yang besar, sodara. Besar dalam arti sebenar-benarnya: berpenduduk sangat banyak dengan aneka suku bangsa dan budaya, pulau-pulaunya berjumlah belasan ribu, laut nan luas dengan potensi kekayaan hayati yang ngedab-ngedabi, tanahnya yang mengandung sumber daya alam sangat melimpah dan tentu saja, Indonesia pernah (dan mudah-mudahan akan selalu) menjadi negara yang disegani oleh negara lain.

Pesawat Kepresidenan ini menjadi sangat penting untuk menjaga citra bangsa Indonesia di mata bangsa lain. Tak apa, jika harga pesawat ini dipersoalkan dari segi harga. Ndak apa-apa. Kecil sekali nilainya. Bayangkan, hanya dengan urunan seliter beras per penduduk bisalah untuk membeli pesawat kebanggaan bangsa Indonesia.

Presiden harus diberi kemudahan untuk menyambangi rakyatnya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kalau perlu disediakan lagi pesawat-pesawat yang lebih kecil supaya bisa menjangkau semua pulau yang sudah punya bandara. Jika perlu, pesawat-pesawat kecil itu diberikan kepada para gubernur dan bupati yang wilayahnya terdiri dari banyak pulau. Jika suatu saat presiden kita melakukan kunjungan ke wilayah terpencil, pesawat kecil itu menjemput presiden kita di bandara tempat Pesawat Kepresidenan mendarat.

Terima kasih Pak SBY telah mewariskan pesawat kepada presiden pengganti Bapak kelak. Saya tak sabar lagi menyaksikan Pesawat Kepresidenan itu mengangkasa menjelajahi cakrawala. Warna merah-putihnya akan memperindah birunya langit Indonesia.

Pemilu yang aman

Baru saja perhelatan pesta demokrasi pemilihan umum legislatif dilaksanakan dengan lancar pada tanggal 09 April 2014 yang lalu. Menurut saya, tak mudah menyelenggarakan pemilu untuk penduduk sebanyak itu yang tersebar hingga ke pulau-pulau kecil. Pelanggaran pelaksanaan pemilu di beberapa daerah memang tak bisa diabaikan, namun secara umum pelaksaan pemilu kemarin berjalan damai dan aman.

Tentu tak gampang menyelenggarakan pemilu pada sebuah negeri sebesar Indonesia, besar dalam arti yang sebenarnya.

Sekali lagi, terima kasih Pak SBY.

(Visited 1 times, 1 visits today)