Seminar Mahasiswa di UGM

Masalah lingkungan hidup merupakan suatu hal yang menarik sekaligus meminta perhatian yang serius dari semua pihak. Masalah lingkungan hidup juga masalah kelangsungan hidup manusia. Lingkungan hidup rusak atau tercemar akan menyebabkan kelangsungan hidup manusia terganggu.

Dengan latar belakang itulah Senat Mahasiswa Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan seminar mahasiswa dengan mengambil tema “Analisis Kerusakan Lingkungan Hidup dan Alternatif Penanganannya”. Seminar ini berlangsung akhir April 1989, dengan menampilkan delapan makalah yang semuanya hasil karya mahasiswa Fak. Geografi UGM dari mahasiswa semester 4 hingga semester 8.

Hal-hal yang banyak disoroti adalah masalah pengelolaan DAS (Daerah Aliran Sungai), Degradasi Lahan, Perencanaan Tata Lingkungan Wilayah Pesisir dan ada pula yang meninjau dari aspek manusia, di mana manusia sebagai subyek kerusakan lingkungan hidup. Dalam seminar ini pun, mahasiswa memberikan beberapa alternatif penanganan masalah kerusakan lingkungan hidup tersebut. Dan diharapkan hasil dari seminar ini sedikit banyak dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam menangani masalah kerusakan lingkungan hidup.

 Tabloid Cempaka Minggu Ini, 13 Mei 1989 dalam rubrik Info Mahasiswa

(Visited 2 times, 1 visits today)