Serba Sepuluh

10.10.10 – 10:10:10 adalah hari ini, tanggal sepuluh bulan ke sepuluh tahun dua ribu sepuluh artikel ini dipublikasikan pada jam sepuluh lewat sepuluh menit sepuluh detik.

Ada sebagian kalangan yang menganggap angka sepuluh merupakan angka istimewa terutama yang berkaitan dengan suatu prestasi. Mendapat nilai sepuluh dalam ujian berarti tidak ada soal yang dijawab salah, semuanya benar.

Dalam penyebutan istilah, angka sepuluh juga menjadi pilihan sepertinya misalnya dalam dunia hiburan dikenal dengan Tembang Sepuluh Pilihan Sepanjang Masa, Top-Ten, dan sebagainya. Untuk penyebutan prestasi sering menggunakan sepuluh terbaik atau sepuluh besar dan sebagainya.

Berikut sepuluh yang lain:

Sepuluh merupakan judul film drama Indonesia yang dirilis pada tahun 2009 disutradarai oleh Henry Riady. Film ini dibintangi Ari Wibowo, Rachel Maryam, dan  August Melasz.

Sepuluh Perintah Allah atau Sepuluh Firman Allah, atau Dasa Titah adalah daftar perintah agama dan moral, yang merupakan sepuluh perintah yang ditulis oleh Tuhan dan diberikan kepada bangsa Israel melalui Nabi Musa di gunung Sinai.

Bandar Sepuluh (Banda Sapuluah – Banda X) adalah wilayah konfederasi sepuluh nagari yang sekarang menjadi bagian terbesar wilayah Kabupaten Pesisir Selatan. Banda Sapuluah merupakan daerah Minangkabau yang penting di masa lalu karena dari sinilah dikapalkan emas, lada, dan bahan-bahan hasil pertanian dan hutan lainnya ke manca negara. Emas adalah komoditi penting di masa lalu yang berasal dari kawasan pesisir pantai Sumatera Barat ini.

Anak cucu orang sepuluh adalah sebutan bagi anak cucu keturunan dari sepuluh orang datu yang berjasa pada Kesultanan Banjar (Kalimantan) pada tahun 1785 di masa Sultan Sulaiman. Pada waktu itu Pangeran Suria saudara Sultan Tahmidullah II berkeinginan pula menjadi raja. Dalam melaksanakan niatnya itu ia dibantu oleh Pangeran Ahmad, tetapi kemudian mereka dapat dihalau oleh kesepuluh orang datu hingga ke perbatasan negeri Paser.

Sepuluh Tahun Pertama adalah album duet karya penyanyi KD dan Anang. Album ini dirilis pada tahun 2006 bertepatan dengan ulang tahun pernikahan mereka. Sepertinya mereka tidak akan membuat album Sepuluh Tahun Kedua, dan seterusnya.

Selat Sepuluh Derajat adalah selat yang memisahkan Kepulauan Andaman dari Kepulauan Nikobar di Teluk Benggala. Dua kepulauan ini membentuk wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India. Selat ini memiliki luas sebesar 150 km persegi.

Sepuluh Anak Negro adalah judul buku edisi bahasa Indonesia untuk buku And Then There Were None. Diambil dari judul tema utama lagu dalam buku ini. Lagu tersebut adalah lagu anak-anak (yang merupakan ciri khas Agatha Christie) yang menceritakan 10 anak negro yang hilang satu persatu dan proses menghilangnya. Diterbitkan pada tahun 1999. Anda pernah membacanya?

[Data diambil dari beberapa sumber]

(Visited 1 times, 1 visits today)