Rara Irêng, nama kecil Sembadra

Sudah dua sabtu ini Ki Dalang menceritakan tentang Sembadra yang digandrungi oleh Burisrawa, petinggi Partai Pecah nDhase. Tapi, siapa sih sebenarnya Sembadra itu?

Baiklah, Ki Dalang akan menceritakan secara singkat riwayat Sembadra. Sebutan Wara biasanya disematkan di depan namanya, sehingga menjadi Wara Sembadra. Wara sebutan untuk seorang perempuan yang biasanya cantik. Di wayang India ia biasa disebut dengan Subadra.

Sembadra adalah putri Prabu Basudewa dari Kerajaan Mandura atawa Madura atawa Mathura, dengan ibu bernama Dewi Badraini. Embuh bagaimana caranya, kok Sembadra ini diklaim sebagai titisan Batari Sri Widowati yang mendampingi titisan Batara Wisnu. Ah, para dewa-dewi kok iya iseng saja kalau lagi kasmaran. Kira-kira seperti ini jalan ceritanya: ketika Prabu Basudewa berolah asmara dengan Badraini, merasuklah Batari Sri Widowati dan Batara Wisnu ke raga Basudewa dan Badraini, lantas lahirlah Sembadra. Dengan demikian, Sembadra masih terhitung bangsa bidadari dari kahyangan. Oh iya, Sembadra ini adik perempuan dari Baladewa dan Kresna.

Waktu lahirnya terhitung aneh, karena rupa Sembadra sangatlah jelek. Hitam legam, rambutnya merah tur jarang-jarang. Oleh Basudewa dinamakan Rara Irêng – rara sebutan untuk seorang gadis, irêng berarti hitam. Bisa dibayangkan, anak seorang raja kok modelnya seperti itu. Tetapi Basudewa dan Badraini tidak malu mempunyai anak yang buruk rupa seperti Rara Irêng itu. Sikap inilah yang membuat senang Batari Swi Widowati dan Batara Wisnu. Titisannya dirumat dengan baik oleh orang tua biologisnya. Tersebut dalam satu cerita, Rara Irêng yang tidak begitu cantik itu, nekjika berkumpul dengan putri-putri keraton yang kesohor kecantikannya, wajah Rara Irêng menjadi paling mencorong, melebihi kecantikan para putri keraton tersebut. Hal ini tentu saja membuat heran banyak kalangan.

Ya. Kalau Anda ingat dongeng Angsa Kecil Buruk Rupa, kisah Rara Irêng tak jauh berbeda. Semakin tumbuh besar, semakin kelihatan kecantikan Rara Irêng, dan ketika dewasa menjadilah ia putri cantik, secantik-cantiknya [untuk membantu Anda untuk membayangkan bagaimana wajah Sembadra, Ki Dalang sengaja menyertakan gambar Halle Berry- ceweknya Bond 007 dalam Die Another Day]. Ia semakin dikagumi oleh banyak lelaki. Selain cantik ia termasuk perempuan halus budi dan sangat sabar. Awas: kalau marah pun ia menampakkan senyum termanisnya!

Nanti, ia disunting oleh Arjuna menjadi istri kesekiannya. Cinta, yang menjadi latar belakangnya. Bukan perkawinan politik. Dari hasil perkawinan itu, lahirlah Abimanyu. Ada kisah mengharubiru tentang betapa cintanya Sembadra kepada Arjuna. Kisah singkatnya seperti ini: Syahdan, Arjuna pergi tanpa pamit kepada Sembadra selama hampir dua bulan (ah, kalah sama Bang Toyib yang tiga lebaran nggak pulang-pulang) yang membuat Sembadra cemas. Saking cintanya pada Arjuna, Sembadra pergi berkelana mencari sang pujaan hati dengan menyamar sebagai Siwantaka, hingga bertemu dengan Arjuna.

Akhir hidup Sembadra sangat tragis. Ia tewas terjepit pintu.