Prambors Band, Definitive Collections

Album: Prambors Band Definitive Collections • Artis: Prambors Band • Produksi: Target Pop, 2009

Kali ini saya bicara tentang musik milik Prambors Band, yang CD-nya baru kemarin saya beli. Prambors Band adalah salah satu kelompok musik yang mengusung genre rock progresif, sebuah genre yang sangat diminati seniman musik Tanah Air pada dekade 1970-an. Didirikan pada 1977 oleh Mochamad Noor Aroembinang, formasi awal band ini terdiri dari Odink Nasution (gitar), Sudibyo (bas), Rechy (drum dan perkusi), Dondy SMK (keyboards), Yaya Muktio (drum), serta Aroembinang sendiri sebagai komposer dan penata musik. Pengisi vokalnya berganti-ganti, tetapi sebagian besar diisi oleh Eben Hutauruk.

Album Definitive Collections ini merangkum lagu-lagu terbaik Prambors Band sepanjang rentang karier produktif mereka hingga tahun 1986. Selama itu telah lahir empat album, yakni Jakarta Jakarta (1977), 10 Pencipta Lagu Remaja (1978), Sebentuk Keresahan (1979), dan Kemarau II (1986). Terakhir, band ini dibangkitkan kembali oleh Aroembinang dengan para personel baru dan dinamakan Parastu Band karena anggotanya terdiri dari para sarjana S-1.

Sebagaimana lazimnya karya musik rock progresif era 1970-an, musik Prambors Band dicirikan dari komposisi dan aransemen yang digagas dan digarap sungguh-sungguh dengan skill bermusik di atas rata-rata hingga ke tahap pemilihan kata-kata untuk lirik yang dilakukan berhati-hati menggunakan ungkapan-ungkapan puitis.

Beberapa hits mereka yang termuat dalam album ini antara lain ”Kemarau”, ”Pria dan Wanita”, ”Sepercik Air”, ”Sebentuk Keresahan”, ”Jakarta Jakarta”, dan ”Kehidupan”.

____________
PS: Baru dua mingguan ini saya baru ngeh kalau kolega saya di kantor yang ruangannya di sebelah saya yang bernama Herbert Eben (ia bergabung di kantor saya sudah hampir dua tahun) itu adalah  Eben Hutauruk penyanyi Prambors Band. Makanya, saya segera berburu album Prambors Band dan browsing untuk mendapatkan bahan untuk artikel ini. Hiks!!

(Visited 1 times, 1 visits today)