Peta Mudik

Bagi pemudik, baik pemula maupun yang sudah kapalan, membawa sebuah peta mudik jauh lebih baik. Pada jalur-jalur padat seperti Pantura Jawa, pada ruas-ruas tertentu sering dilakukan pengalihan rute mudik melalui jalur alternatif. Pada beberapa rute, ruas jalan yang dipakai untuk jalur alternatif tersebut merupakan kelas jalan kabupaten bahkan kecamatan. Jalan-jalan alternatif jauh lebih sempit, berliku, jaraknya lebih jauh dan tak jarang kondisinya rusak berat.

Peta mudik akan sangat bermanfaat ketika kendaraan kita dialihkan ke jalur alternatif. Dari pengalaman saya mudik selama ini, salah satu kekurangan jalur alternatif adalah minimnya rambu-rambu penunjuk arah. Dengan peta mudik setidaknya dapat membantu kita sedang berada di mana, ke mana nanti beloknya jalan menuju jalur utama mudik.

Peta mudik juga memberikan banyak sekali informasi yang berhubungan dengan kegiatan mudik, seperti titik-titik kemacetan, lokasi SPBU, lokasi bengkel siaga, ATM, rest area, posko kesehatan, nomor telepon penting, dan berbagai macam tips mudik yang aman dan nyaman. Peta mudik dibuat sangat informatif, orang awam dapat membaca dan menggunakannya.

Di mana dapat memperoleh peta-mudik tersebut? Peta mudik disebarkan di area publik seperti terminal, SPBU, pintu tol, mini market dan lain-lain. Dibagikan secara gratis.

~oOo~

Jalur mudik yang dipetakan tak hanya di wilayah Jawa saja, tapi jalur mudik Sumatera-Jawa-Madura-Bali juga. Bahkan Peta Mudik 2012 yang diterbitkan oleh Toyota meliputi seluruh Indonesia.

Jika Anda memerlukan Peta Mudik 2012 dapat download di sini.

(Visited 1 times, 1 visits today)