Panduan memilih Perguruan Tinggi 2012

Saya nggak tahu persis bagaimana proses penerimaan mahasiswa baru pada PTN beberapa tahun belakangan ini. Baru mulai ngeh, ketika Kika mulai bertanya-tanya bagaimana cara mendaftar ke PTN. Memang, Kika sekarang baru klas 2 namun ia sudah mulai mereka-reka ke mana akan kuliah nanti.

Saya jadi ingat, kalau Tempo saban tahun menerbitkan Panduan Memilih Perguruan Tinggi. Pas ke toko buku Gramedia – Bekasi, Jakarta dan Solo – ternyata, stok buku tersebut habis. Saya pun mengontak Pusat Data dan Analisa Tempo (PDAT), diterima dengan sangat baik oleh mBak Anisa Luciana – Penata Admin PDAT sehingga saya mendapatkan buku Panduan Memilih Perguruan Tinggi 2012.

~oOo~

Sistem penerimaan mahasiswa baru yang selalu berubah-ubah dari tahun ke tahun, maka mengetahui informasi sistem penerimaan mahasiswa baru menjadi sangat penting. Termasuk di dalamnya untuk mengetahui perguruan tinggi yang mana yang akan dipilih. Informasi tersebut bisa didapatkan dari mana saja, termasuk dengan membaca buku Panduan Memilih Perguruan Tinggi 2012 yang merupakan penerbitan ke-17.

Buku setebal 744 halaman ini sangat lengkap isinya, seperti kapan ujian masuk dilaksanakan oleh tiap PT dan bagaimana mengikutinya, bagaimana sistem seleksinya dan sebagainya. Buku ini juga menampilkan direktori perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta. Direktori tersebut memuat beragam data antara lain tentang status, sejarah, daya tampung, pendaftar/peminat, lulusan per tahun, mahasiswa diterima, jumlah dosen, fasilitas, program studi beserta akreditasinya serta informasi pendaftaran dan biaya studi di PT bersangkutan.

Informasi lain yang cukup menarik dari buku ini adalah disajikannya hasil survei tentang peringkat PTN dan PTS terfavorit menurut calon mahasiswa. Juga ada artikel yang menjadi panduan bagi orang tua  dan calon mahasiswa dalam memilih program studi, mempersiapkan biaya kuliah hingga mendapatkan peluang beasiswa. Bagi calon mahasiswa yang belum mengetahui istilah di dunia kampus, buku ini menyajikan pula glosarium dunia kampus seperti pengertian beban studi, Kartu Rencana Studi (KRS), Kartu Hasil Studi (KHS), Mata Kuliah Umum atawa Pilihan, predikat  kelulusan, dan lain-lain.

Jadi, kamu pengin kuliah di mana Kik?

(Visited 1 times, 1 visits today)