Ndlodok dan Ndlèdèk

klik here

Saya ketawa ngekek ketika mendengar seorang kawan melemparkan istilah ndlodok dan menjelaskan apa maknanya sebagai gak karu-karuan, nyleneh, etc.

Lama sekali saya tidak mendengar lagi  istilah ndlodok dalam percakapan di pergaulan saya. Orang bergaya cuek bisa disebut sebagai orang yang ndlodok, terutama kenakalannya dalam mengucapkan sesuatu yang nyleneh tanpa beban.  Anda boleh bereaksi marah, jengkel, gemas atau bahkan sebal dengan gaya ndlodokan mereka, tetapi sebenarnya mereka bermaksud baik, kok. Itulah ciri khas ndlodok.

Lain ndlodok, lain ndlèdèk.

Apa itu ndlèdèk? Ketika Anda lupa menutup tube odol atau salep, lalu odol atau salep tersebut meleleh/keluar dari tempatnya, itulah yang disebut dengan ndlèdèk. Coklat yang meleleh bisa juga disebut ndlèdèk. Mau contoh ndlèdèk yang lain? Klik gambar lingkaran hitam di atas itu.

Tetapi dalam percakapan sehari-hari, kata ndlèdèk menjadi banyak maknanya, tergantung ke mana arah pembicaraan. Intinya, ndlèdèk berkonotasi negatif tetapi bukan saru. Misalnya, dalam kalimat berikut: Karena waktu belajarnya dihabiskan untuk online sepanjang hari, prestasi di sekolahnya menjadi ndlèdèk. Di sini, ndlèdèk berarti melorot.

Pancen amenangi jaman ndlèdèk, sing ora ndlèdèk ora keduman. Nanging begjane sing eling lan waspada tur ora ndlèdèkan. Dirgahayu Kaping 65 Republik Indonesia.

(Visited 3 times, 1 visits today)