Miracle of the Quran

Kita amati bahwa lebah madu disebut secara lebih spesifik dibandingkan dengan hewan lain dalam Al-Quran. Banyak binatang disebut dalam Al-Quran, tetapi hanya lebah dan perannya yang dibicarakan secara khusus. Surah tersebut bernomor urut 16 dan bernama Al-Nahl. Nomor surah ini sama dengan jumlah kromosom lebah jantan. Jumlah kromosom lebah betina adalah (2n) yang sama dengan 32 (16 x 2). Maka nomor urut surah mengidentifikasikan jumlah kromosom. Jumlah kromosom tidak dapat diubah, seperti juga nomor atom unsur. Di mana pun di dunia ini, kromosom lebah jantan berjumlah 16 dan setiap lebah betina memiliki 32 kromosom. Di lain pihak, jumlah ayat dalam surah ini adalah 128. Artinya, 8 kali jumlah kromosom lebah jantan (16) dan juga 4 kali jumlah kromosom lebah betina (32). Seperti hal nomor urut surah ini, jumlah ayatnya proporsional dengan jumlah kromosom lebah.

Dalam surah ini, ayat 68 dan 69 menyebut lebah. Ayat 68 terdiri dari 13 kata. Bila kita menghitung kata dari awal surah ini sampai kata lebah (nahl) dalam ayat 68, seluruhnya berjumlah 884 huruf. Mari kita lihat apakah angka ini mengandung makna. Angka ini sama dengan dengan nomor ayat (68) dikalikan jumlah kata (13) dalam ayat tersebut (68 x 13 = 884). Mungkinkah ini suatu kebetulan? Al-Quran memperlihatkan keajaiban matematisnya dalam berbagai cara.

Berapa nomor urut surah Al-Nahl? 16
Berapa jumlah ayat dalam surah Al-Nahl? 128 ( 16 x 8 )
Jumlah kromosom lebah jantan 16
Jumlah kromosom lebah betina 32 ( 16 x 2 )

Anda ingin mengetahui lebih detil mengenai keajaiban matematis dalam konkordansi leksikal (KMKL) yang dijelaskan oleh Al-Quran? Surah tentang Lebah Madu di atas adalah 1 dari 50 KMKL yang bisa Anda baca dalam buku Miracle of the Quran karya Caner Taslaman seorang peneliti dan penulis best seller di Turki untuk tema-tema filsafat dan sosiologi agama. Buku Miracle of the Quran diterbitkan oleh PT Mizan Pustaka (Nopember 2010) setebal 472 halaman. Selain KMKL buku ini juga membahas bagaimana Al-Quran berbicara tentang berbagai fenomena, dari teori dentuman besar hingga penciptaan kehidupan dalam rahim, dari kehidupan lebah hingga topik-topik filsafat dan fisika yang paling rumit. Miracle of the Quran merupakan produk riset yang panjang dan berjelajah luas, ditulis dengan gaya yang mudah kita pahami. Buku ini juga mengarahkan kita untuk memperdalam pemahaman tentang penciptaan alam semesta dan mengevaluasi peristiwa ini dari perspektif yang sepenuhnya baru.

(Visited 2 times, 1 visits today)