Membaca Buku Manual

Sudah berapa lama Anda menggunakan kalkulator, dengan model di samping ini? Sebuah kalkulator dengan program yang sangat sederhana (bukan model scientific calculator) yang sering dipergunakan oleh para pedagang. Ya, mereka memang hanya perlu fitur tambah, kurang, kali, bagi dan persen.

Pernyataan di atas akan dilanjutkan dengan pertanyaan berikut: Tahukah Anda fungsi tombol-tombol AC, C. MC, MR, M+, dan M-? Atawa pertanyaan dibuat mundur selangkah, apakah Anda pernah membaca buku manual/panduan/petunjuk pemakaian kalkulator tersebut?

Dari survey kecil-kecilan di lingkungan pergaulan saya, mayoritas teman menjawab kalau mereka tidak tahu fungsi fitur-fitur tersebut dan tak pernah membaca buku petunjuk pemakaiannya. Begitu pula dengan saya, awalnya nggak paham dan nggak mau tahu dengan fitur tersebut, namun setelah mempelajari buku petunjuknya ternyata betapa sangat membantunya fitur-fitur tersebut dalam perhitungan yang saya lakukan.

Tak hanya berlaku bagi kalkulator. Saya sering merasa sok pintar ketika pertama kali menggunakan sebuah barang elektronik, tentu saja mengabaikan keberadaan buku manual/panduan/petunjuk yang disertakan dalam kemasannya.

Perhatikan isi buku manual/panduan/petunjuk barang elektronik yang Anda beli. Ternyata isinya sangat lengkap, bahkan cara penanganan jika peralatan tersebut tidak berfungsi, sebelum kita bawa ke tempat service.

~oOo~

Sebenarnya hape yang saya pakai selama ini agak canggih – dalam arti banyak fitur – namun hanya fungsi telpon dan sms saja yang saya pahami, sementara fitur lainnya tak terpakai. Jika terpaksa dipakai, mesti coba-coba dulu atawa bertanya kepada orang lain.

Salah saya juga sih, sok ngerti dan malas membaca buku manual/panduan/petunjuknya, padahal sudah dibuat dalam bahasa Indonesia!

(Visited 1 times, 1 visits today)