Mampet, dampak negatif dari pikiran negatif


Ada nasihat dari orang waskita: jangan berkumpul dengan orang yang selalu berpikiran negatif, nanti lama kelamaan akan mempengaruhi pikiran kita. Harus diakui, seseorang selalu dikuasai oleh pikiran-pikiran yang ada dalam benaknya. Pikiran negatif akan muncul seiring dengan situasi negatif yang ia ciptakan sendiri.

Ibaratnya, ia menelan utuh sebutir telur. Ia akan takut bergerak ke mana-mana karena kuatir telur akan pecah, tetapi ia juga takut untuk duduk-duduk saja karena mengkuatirkan telur itu akan menetas di dalam perutnya. Nah!

Jangan biarkan pikiran negatif bersemayam dalam benak, akan sangat merugikan karena biasanya akan menimbulkan kebimbangan saat akan membuat keputusan penting: segala hal yang dilihatnya akan dianggap sebagai rintangan yang mengendurkan semangat. Pikiran negatif juga dapat membuat seseorang bertindak secara membabi buta.

Dan yang paling penting, pikiran negatif membuat seseorang sulit menikmati hidup. Pikiran mampet, bikin judeg, empet, semua hal menjadi tidak menyenangkan di hati.

Jadi, akan jauh lebih baik jika berpikir positif.

Tidak bisa? Jangan kuatir, berpikir positif adalah sesuatu yang bisa dipelajari oleh siapapun, bagaimana pun keadaan, tabiat atawa kecerdasannya.

(Visited 1 times, 1 visits today)