Main kuda-kudaan

Dalam sebuah tayangan iklan susu, ada anak balita bertopi koboi yang “kreatif”. Ia sengaja mengambil buku catatan ayahnya dan menaruh di bawah meja. Sang ayah yang tengah bekerja segera mengambil buku tersebut dalam posisi menunduk, kaki dilipat, sehingga memudahkan anaknya naik ke punggung ayahnya itu. Si ibu yang mengetahui tingkah anaknya memujinya sebagai anak pintar sebab ayahnya dijadikan ‘kuda’ oleh koboi cilik itu.

Main kuda-kudaan dengan naik ke punggung ayah rasanya hampir pernah dilakukan oleh anak kecil. Dengan riang gembira sang ayah akan ‘berlarian’ mengitari lantai berperan sebagai kuda, sementara si anak tak kalah bergembiranya menjadi koboi. Itulah bentuk keakraban antara ayah dan anak.

Permainan kuda-kudaan banyak jenisnya selain yang disebut di atas tadi. Bagi anak desa, kuda-kudaan dapat dibuat dari pelepah pisang atawa pelepah daun kelapa. Kaki kuda-kudaan hanya ada dua, ya kaki si anak sendiri yang bermain kuda-kudaan. Agar lebih seru, kepala anak-anak dihiasi dengan anyaman daun yang berbentuk mirip mahkota, lengkap dengan senjata pedang yang juga dibuat dari pelepah pisang. Waw, gagah nian menjadi prajurit yang naik kuda.

Jenis kuda-kudaan tradisional yang lain terbuat dari kayu yang dipahat dan dibentuk mirip tubuh kuda. Pada keempat telapak kaki kuda, dipasang kayu yang bentuknya melengkung, sehingga jika anak duduk di atas kuda-kudaan itu lalu menggoyang-goyangkan tubuhnya (pada kepala kuda dipasang kayu untuk berpegangan), mirip duduk di kursi goyang. Mainan kuda-kudaan jenis ini juga dibuat dari bahan plastik/rotan/boneka kuda sehingga bentuknya mirip dengan kuda betulan.

Kuda-kudaan juga ada di permainan komedi putar atawa di odong-odong.

Ada satu jenis kuda-kudaan lagi yakni kuda lumping. Orang Jawa menyebutnya sebagai jaran kepang, anyaman bambu yang dibentuk seperti kuda. Kuda lumping merupakan kesenian asli Indonesia.

ada suatu permainan / permainan unik sekali / orang naik kuda, tapi kuda bohong / namanya kuda lumping
anehnya permainan ini / orangnya bisa lupa diri / dia makan rumput, juga makan kaca / aduhai ngeri sekali
itu kuda lumping, kuda lumping / kuda lumping, kesurupan / itu kuda lumping, kuda lumping / kuda lumping, enjot-enjotan
awas jangan dekat-dekat / melihat permainan ini / karena akibatnya bisa berbahaya / itulah kuda lumping

Apakah Anda masih suka main kuda-kudaan?

(Visited 2 times, 1 visits today)