M.A.R.S

Membaca judul artikel di atas, Anda sudah bisa menebak ke mana arah tulisan ini. Kalau pun belum, nanti juga akan paham, kok.

Kata Mars, jika ia berdiri sendiri dikenal dengan nama sebuah planet yang jaraknya  terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari nama Dewa perang Romawi. Namun planet ini juga dikenal sebagai planet merah karena penampakannya yang kemerah-merahan. Di planet ini, terdapat sebuah fitur unik di daerah Cydonia Mensae yang merupakan sebuah perbukitan yang bila dilihat dari atas nampak sebagai sebuah wajah manusia. Banyak yang menganggapnya sebagai sebuah bukti dari peradaban yang telah lama musnah di Mars, tetapi hal ini telah terbukti bahwa fitur tersebut hanyalah sebuah kenampakan alam biasa.

Berikut nama-nama seseorang yang mengandung kata mars. Pada dekade 90-an, publik dihebohkan oleh sebuah kasus perburuhan dengan korban bernama Marsinah, seorang aktivis dan buruh pabrik PT CPS Jawa Timur yang diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993. Kasus Marsinah ini menjadi catatan ILO (Organisasi Buruh Internasional), dan dikenal sebagai kasus 1713. Kisah tragis Marsinah ini pernah diangkat menjadi sebuah film dengan judul judul Marsinah Cry oleh Slamet Rahardjo dan menimbulkan kontroversi. Selain film, Ratna Sarumpaet pada tahun 1997 mementaskan drama monolog berjudul Marsinah Menggugat.

Selain itu ada Marsillam Simanjuntak, seorang tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Kabinet pada tahun 2000, Menteri Kehakiman  (2001), Jaksa Agung Republik Indonesia untuk periode Juli-Agustus 2001.

Di dunia keartisan ada beberapa nama yang menyandang sebutan Mars, di antaranya ada Marsha Timothy, bintang iklan dan pemain sinetron. Ia mulai dikenal publik lewat debutnya dalam film Ekspedisi Madewa bersama Tora Sudiro atawa Marshanda, artis muda yang bernama lengkap Andriani Marshanda membintangi banyak sinetron, salah satu yang terkenal Bidadari. Ia juga seorang penyanyi.

Dalam militer dikenal Marsekal, yaitu pangkat tertinggi yang digunakan di TNI Angkatan Udara, setara dengan Jenderal di TNI Angkatan Darat dan Polri atau Laksamana di TNI Angkatan Laut. Penyandang pangkat ini ditandai dengan pangkat bintang empat di pundak.

Kalau Anda masih ingat, dalam pelajaran biologi kita pernah dikenalkan tanaman yang bernama semanggi  yang bernama ilmiah Marsilea crenata. Tanaman ini termasuk ke dalam famili Marsiliaceae. Biasanya ditemukan di sawah, selokan dan genangan air dangkal. Lalu ada Marsupial, yakni mamalia betina memiliki marsupium (kantong perut) seperti pada kanguru dan koala Australia.

Di film kartun terdapat karakter digemari anak-anak yaitu Marsupilami, seekor binatang berwarna kuning totol hitam dengan ekor yang sangat panjang.

Dalam khazanah Jawa dikenal kata Marsudi yang berarti berusaha. Kata marsudi sering digunakan untuk nama sebuah lembaga pendidikan seperti Marsudi Luhur (tentu bertujuan agar anak didiknya berbudi luhur) atau Marsudi Siwi (arti bebasnya membina anak). Tetapi jangan salah dengan sekolah yang bernama Marsudirini, meskipun ada kata marsudinya tetapi nama tersebut berupa singkatan dari Maria Suci Diyah Rinumpaka Niskala.

Jika Anda sering mendengar kata Marsudi Laras, bisa jadi itu nama sebuah kelompok kesenian seperti ludruk, karawitan atawa campursari.

Marsudi juga digunakan untuk nama seseorang. Anda tentu sepakat dengan saya, bahwa marsudi yang paling beken  (setidaknya menurut Google) adalah MARSudiyanto. Apakah nama ini berarti berusaha menjadi Yanto? (Yee, emang nama ike Yanti apa….).

Secara anti-biasa, Marsudiyanto berarti laki-laki yang berusaha menjadi laki-laki. Nah lo! Kalau penasaran, silakan baca Koran Tjap Koepoe.

(Visited 2 times, 1 visits today)