Insiden crane itu

kabah

Persiapan menjelang shalat shubuh

Untuk mengobati rindu dan menautkan batin saya dengan bumi Mekkah dan Madinah, saya suka menonton TV KSA yang menyiarkan secara live sekitaran Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Kalau ingin nonton secara streaming di sini.

Kamera mengambil gambar dari segala sudut masjid dan pelatarannya. Dengan menonton TV KSA tersebut saya berasa sedang ada di kedua Tanah Haram tersebut. Gambar-gambar hidup yang ditampilkan dilatarbelakangi alunan ayat-ayat Quran, kecuali pada saat azan dikumandangkan dan waktu pelaksanaan shalat.

Memandangi Kabah yang diputari ribuan orang itu dapat menentramkan hati. Kamera bergantian menyorot sudut Kabah, dan nanti terlihat pada sudut Hajar Aswad paling disesaki jamaah. Atau ketika pindah saluran TV ke Masjid Nabawi, akan disaksikan Kubah Hijau dan menara-menara Masjid Nabawi yang kokoh dan indah (apalagi jika terlihat di malam hari). Di dalam masjid terlihat orang berdesakan di sekitar Raudhah. Dari tayangan ini saya pun jadi mengetahui kalau sekarang di pintu makam Rasul dan kedua sahabatnya, Abu Bakar dan Umar telah dipasangi papan oval berwarna hijau yang bertuliskan Rasulullah, Abu Bakr, dan Umar ibn Khattab dari kiri ke kanan.

Pada musim haji tahun ini, hampir tiap malam menjelang tidur saya menyaksikan TV KSA. Masjidil Haram mulai padat disesaki jamaah haji. Puluhan crane masih terlihat di lokasi perluasan masjid. Tempat tawaf tingkat 1 dan 2 juga disesaki jamaah.

Semalam, saya pun kembali menyaksikan TV KSA. Masjidil Haram diguyur hujan sangat deras. Sebagian jamaah memilih menghentikan tawaf dan berteduh, sebagian yang lain tetap bertawaf dengan pakaian yang basah kuyup. Terlihat asykar yang biasa berjaga di sekitar Kabah (berdiri di dekat Hajar Aswad dan Hijir Ismail) memakai panco, tetapi pakaian seragam mereka tetap basah karena derasnya hujan.

Talang emas Kabah yang fungsinya mengalirkan air dari atap Kabah terlihat mencurahkan air sangat banyak, dan air yang jatuh bergoyang-goyang disebabkan terkena angin yang cukup kencang. Ada satu dua jamaah yang sengaja berdiri di bawah pancuran, entah apa maksudnya.

***

Lalu, subuh tadi saya dikejutkan dengan berita insiden jatuhnya crane yang terletak di antara Bab Salam dan Maulud Nabi yang menewaskan lebih dari 100 orang. Menyaksikan video-video yang diunggah yang menayangkan paska insiden tersebut membuat hati ini sangat sedih.

Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Semoga para tamu Allah yang sudah marhum tersebut dimuliakan di sisi-Nya, dan bagi yang cidera segera dipulihkan sakitnya agar dapat menyempurnakan ibdah hajinya. Amiin.

(Visited 1 times, 1 visits today)