India #8: Tribhanga, kisah tentang tiga perempuan

Title: Tribhanga Tedhi Medhi Crazy • Directed by Renuka Shahane • Written by Renuka Shahane • Starring Kajol, Tanvi Azmi, Mithila Palkar • Release: 2021

Tribhanga mengisahkan hubungan seorang penulis sastra ternama, Nayantara, dengan putrinya, Anuradha, seorang penari Odissi. Juga hubungan antara Anu dan putrinya, Masha, yang sangat berbeda karakter dengannya. Kisah tiga orang perempuan beda generasi. Odissi adalah sebuah tarian klasik India.

Anu yang kini merupakan penari Odissi terkenal, mempunyai trauma masa lalu seperti perceraian orang tuanya hingga Nayan menikah lagi. Nayan lebih percaya kepada suami barunya, saat Anu mendapatkan pelecehan seksual dari ayah tirinya itu. Sikap Nayan yang dirasa tidak memihak kepadanya saat Anu menjadi korban kekerasan di rumahnya sendiri.

Saking bencinya kepada ibunya, alih-alih Anu memanggil Nayan dengan sebutan ibu, ia panggil dengan Nayan saja. Sosok Anu digambarkan sebagai seorang perokok dan suka mengumpat. Pada waktu Anu pentas, ia mendapatkan kabar kalau Nayan masuk RS dan mengalami koma. Meskipun dengan hati sebal, ia pergi juga ke RS tempat ibunya dirawat.

Tanpa sepengetahuan Anu, Nayan sedang menyusun autobiografi yang dikerjakan oleh Milan, sabahat Nayan. Pada saat kondisi koma itulah, cerita mengenai hubungan ibu dan anak itu terkuak dari perbincangan Anu dengan Milan. Berbagai cerita dari versi Nayan melalui rekaman video di kamera milik Milan, perlahan melunakkan sikap Anu terhadap Nayan.

Berbeda dengan hubungan Anu dengan Nayan, hubungan Anu dengan Masha sangat dekat dan hangat. Masha selalu mempunyai waktu untuk mendampingi mendampingi ibunya, baik saat pentas di panggung atau ketika menemani Nayan di RS. Sifat Masha sendiri jauh lebih kalem, ramah, dan dapat beradaptasi dengan lingkungannya.

Masha merupakan anak haram.  Pasalnya Anu memutuskan untuk tinggal bersama tanpa menikah dengan pacarnya, Dmitri, orang Rusia. Hubungan ini melahirkan Marsha.

Rupanya Masha juga menyimpan persoalan sendiri dengan pernikahannya. Keluarga suaminya ingin agar ia mempunyai anak laki-laki.

(Visited 4 times, 1 visits today)