Dongok bin tolol di sekitar kita

Kata bodoh ternyata banyak sekali padanannya, seperti: bambung, bebal, bego, goblok, blo’on, bongak, debil, dogol, domot, dongok, dungu, lompong, pandir, pilon, tolol, tongong, pekok, dan oon. Orang bodoh sangat menyebalkan, meskipun kadang membuat orang lain tersenyum bahkan tertawa ketika menyaksikan tingkah polahnya.

Banyak orang bodoh bin dongok di sekitar kita – bahkan mungkin diri kita sendiri. Lucunya, banyak kedunguan diumbar di televisi atawa tersaji di media massa lainnya. Di bawah ini, sekedar contohnya:

  1. Perempuan berwajah cantik, pipi mulus, putih, tubuhnya lumayan subur menangis di layar kaca. Katanya dia menderita karena sering disiksa oleh suaminya, tetapi di lain waktu ketika kamera wartawan mengarah kepadanya dia menebarkan pesona, senyum sana senyum sini. Katanya sering disilet dan disetrika oleh suaminya (pastinya dia menderita lahir batin, tuh), tapi kok tetap segar bugar tak ada tanda-tanda depresi. Bodohnya, banyak orang ikut termehek-mehek berurai air mata memberikan simpati kepadanya.
  2. Seorang perempuan kampung yang berprofesi sebagai PRT nyaris dipancung di negeri Arab. Lha, ia telah membuat repot semua orang untuk menyelamatkannya dari jerat hukuman. E, sekembalinya di tanah air ia malah pengin kembali menjadi PRT di negeri gurun pasir. Sinten sing bodho, mas?
  3. Lelaki muda tewas ditembak kepalanya oleh seorang tentara, setelah pemuda itu kepergok selingkuh dengan istrinya. Lelaki muda yang bego, selingkuh kok dengan istri serdadu, ya pasti ditembak lah!
  4. Beberapa waktu lalu, di salah satu kantor polisi ada dua orang tukang bangunan yang tertangkap basah oleh petugas jaga ketika mencoba mencuri audio set sebuah mobil yang diparkir di depan pos jaga polisi. Pencuri yang nekat karena ketololannya, sudah tahu berada di kandang macan malah masuk ke dalamnya.
  5. Ramadhan bulan yang suci. Bulan penuh rahmat, berkah dan ampunan. Siapa yang tak tergoda oleh ganjaran Gusti Allah yang demikian banyaknya? Ealah, ini kok ya ada saja pasangan (yang menurut petugas nggak bisa tunjukkan surat nikah) yang indehoi tertangkap razia di hotel kelas melati di siang hari.
  6. Ada artis yang dua kali masuk penjara dalam kasus yang sama: narkoba. Entah dia bodoh atawa yakin tidak akan tertangkap lagi. Ternyata, polisi memang mencokok dia dan menjebloskan kembali ke hotel prodeo. Dia, lagi-lagi membuat repot anak dan istrinya.
  7. Jangan pernah beranggapan kalau semua anggota dewan yang terhormat itu orang pintar, tidak sedikit kok yang dungu. Sudah banyak teman-temannya yang tertangkap KPK karena kasus korupsi, eh.. masih ada yang menyusul “minta” ditangkap KPK.
  8. Namanya buron, sebisa mungkin akan menyembunyikan identitas dirinya termasuk di mana ia bersembunyi. Ini ada buron kelas kakap, suka tampil di tipi dan koran, berkoar-koar. Kita terhibur, yang lain panas-dingin menerima tuduhan dari sang buron.
  9. Ssst… sebetulnya saya juga termasuk daftar orang yang dongok. Sudah tahu punya bakat terkena kolesterol tinggi, masih juga mengonsumsi makanan berlemak.

Salam pilon.

(Visited 1 times, 1 visits today)