Di dalam kereta Prameks

Hari ini saya tiba di Stasiun Lempuyangan JOG jam 15.30-an, setelah sebelumnya ketemu Kika sambil makan siang di sekitar Babarsari. Antrian tiket kereta lokal panjang nian, sementara tiket ke Solo yang tersedia tinggal Prameks jam 18.10. Ya sudah, nunggu agak lamaan tak apa-apa.

Saya masuk ke gerbong 3. Hmm, melihat para penumpang yang berjubel saya merasa paling tua, sebab usia mereka rata-rata masih mahasiswa. Mereka melakukan perjalanan pulang kampung setelah seminggu bergelut di perkuliahan di kota JOG.

Banyak di antara mereka menenteng helm dan salah satu dari mereka menjawab pertanyaan saya: kalau mereka menitipkan motor di stasiun. Besok sore mereka kembali ke JOG lagi.

Saya jadi teringat waktu kuliah di JOG dulu. Seminggu-dua balik ke Karanganyar menggunakan bus Sri Mulyo atau Baker. Biasanya di dalam bus tersebut bertemu teman-teman kuliah yang rumahnya di wilayah Solo Raya (d/h Karesidenan Surakarta). Jika dulu sudah ada Kereta Prameks bisa jadi saya menjadi pelanggannya.

Tiket Kereta Prameks Jogja – Solo yang hanya Rp 8.000 menjadi moda transportasi yang murah, nyaman, dan cepat dibandingkan menggunakan moda transportasi darat yang lain, apalagi jalur Jogja – Solo jumlah lampu merahnya banyak banget.

Ketika kereta berhenti di Stasiun Maguwo, masuklah bapak dan ibu yang usianya cukup sepuh. Mereka uyel-uyelan berdiri bersama penumpang lain seperti halnya saya.

Menjadi keheranan saya saat menyapukan pandangan ke sekeliling gerbong, kok tidak ada yang mempersilakan kedua orang sepuh tersebut duduk di kursi mereka. Sudah demikian parahkah empati anak muda untuk menghormati yang lebih tua?

Saat memasuki stasiun Klaten cukup banyak penumpang yang turun, sehingga kereta lebih lega. Apakah kedua orang sepuh mendapatkan kursi? Tidak, sebab pemilik kursi yang kebanyakan anak muda tersebut: sebagian sudah mendengkur, sibuk dengan obrolan dengan teman sebangkunya atau sibuk memainkan ponselnya.

Saya turun di stasiun Purwosari Solo – ternyata kedua orang sepuh tersebut juga turun – untuk melanjutkan perjalanan berikutnya.

Malam ini Jl. Slamet Riyadi Solo ramai sekali.

(Visited 1 times, 1 visits today)