Burung Biring Baring

Belakangan saya terlalu fokus pada urusan dunia nyata, melalaikan apdet blog. Bukan karena sibuk buka puasa bareng dengan para kolega, atau borong barang menjelang lebaran, tetapi saya sedang menggunakan hak saya untuk malas, berbaring sambil mendengarkan burung berkicau. Barangkali itu hanya alasan yang saya cari-cari. Anda jangan berang ya?

Kali ini saya akan menuliskan perkara kata yang terdiri dari 6 huruf dengan konsonan tetap b, r, n dan g. Dengan menyelipkan huruf vokal di antara huruf b dan r atau r dan ng, akan timbul bermacam arti dan pengertian.

Barang, berarti benda, jasad, materi, sesuatu, zat, komoditas, produk, perkakas, bagasi, muatan. Banyak sekali ya? Dalam percakapan kata barang dapat diartikan kira-kira, kurang lebih atau sekitar. Kalau digabungkan dengan kata sedikit menjadi barang sedikit, akan mempunyai arti sedikit banyak atau sedikit-sedikit. Lalu, bagaimana dengan kata barangkali? Kata ini mempunyai pengertian bisa/boleh jadi, kalau-kalau, kelihatannya, kira-kira, mana/siapa tahu, mungkin, naga-naganya, rasanya, rupa-rupanya, sepertinya, tampaknya, jangan-jangan. Kata barangkali ini sering dipakai oleh para pejabat kita dalam menjelaskan kebijakannya. Mohon maklum, jika barangkali kebijakan mereka agak amburadul. Ada lagi kata barangsiapa yang berarti sembarang orang.

Bareng atau berbarengan, berarti beramai-ramai, beriringan, berjamaah, bersama-sama, bersamaan, bersetuju, bertepatan, bertumbukan, serempak, serentak, sewaktu, simultan. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada dua penetapan hari raya idul fitri, lebih asyik berlebaran berbarengan.

Baring, berbaring berarti membungkang, menelentang, membungking, menelungkup, bergolek, leyeh-leyeh, menggeletak, rebahan, tiduran.  Membaringkan: menggeletakkan, menggolekkan, menidurkan, merebahkan, menginapkan dan menyemayamkan (jenazah). Terbaring: rebah, tidur, terbelingkang, terbujur, tergeletak, tergelimpang, tergolek, telentang. Pembaringan: kasur, peraduan, petiduran, ranjang, tempat tidur.

Barong adalah karakter dalam mitologi Bali. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa.

Barung, barung-barung berarti dangau, gubuk, pondok, teratak, denai, gerai, kedai, lepau, pajak, warung.

Berang, mempunyai pengertian geram, gusar, marah, meradang, murka, naik darah, naik pitam, sewot, dongkol, benci, gemas, kesal, mangkel, masygul, sebal, gondok, rongseng. Ada lagi? Mumpung lagi puasa, mari kendalikan sifat berangasan: galak, garang, pemarah, pemberang, sempit hati, agresif, kasar.

Bereng, sebutan untuk luka di ujung bibir. Misalnya kebanyakan makan jambu mete atau kekurangan vitamin C. Anda pernah berengan?

Bering adalah nama selat antara Semenanjung Dezhnev –  Rusia dan Semenanjung Pangeran Wales – Alaska.

Berong, yang digunakan untuk bentuk mulut: bengot, benyot, erot (bukan si emak itu loh), mencong, mengsol, merot, miring, pencong, perot. Untuk daerah Anda menyebutnya bagaimana?

Berung. Saya kesulitan menemukan arti kata ini, tahunya hanya Ujung Berung nama sebuah kecamatan di Kota Bandung. Di cerita Sangkuriang bahasa Sunda saya menemukan istilah Ujung Berung: batas akhir Sangkuriang ngungudag Dayang Sumbi (ujung = panungtung, berung = nafsu anu ngaberung). Ada yang bisa membantu saya?

Birang adalah nama sejenis ular yang cantik. Warnanya kecoklatan dengan 3-4 pasang garis hitam memanjang, yang paling atas paling tebal. Pita jingga atau merah terang metalik berjalan tepat di atas tulang punggungnya hingga ke ekor, yang merupakan ciri khas ular ini. Demikian pula pola coreng simetris kehitaman di atas kepalanya, yang menjadi pertanda kebanyakan marga Oligodon. Birang juga menjadi sebuah nama kapal –KRI Birang – Kapal perang jenis kapal patroli cepat dengan tipe C 40. Dengan material serat kaca (fiberglass), membuat kapal itu ringan dan lincah meliuk di atas permukaan laut. Sedangkan di Kalimantan Timur terdapat Sungai Birang sepanjang kurang lebih 8 km.

Biring, hitam dalam bahasa Karo. Ada yang bisa menyanyikan lagu Biring Manggisku?

Bireng, hitam dalam bahasa Sasak.

Borang berarti ranjau.

Boreng, nama sebuah desa di Kecamatan/Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Sayangnya, saya tidak punya teman yang berasal dari Desa Boreng ini.

Borong, artinya sekalian, sekaligus. Sedangkan pemborong: peraih, tengkulak, kontraktor.

Burang, nama sebuah tanjung (daratan yang menjorok ke laut, atau daratan yang dikelilingi oleh laut di ketiga sisinya) di Kepulauan Banda – Tanjung Burang – sepanjang kurang lebih 19 km.

Bureng, berarti buram, samar, suram.

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Orang Jawa menyebutnya dengan kukila, manuk atau paksi. Burung juga dipakai untuk menyebut alat kelamin laki-laki. Jenis-jenis burung antara lain burung dewata: cendrawasih, sepah raja. Burung hantu: celepuk, elang malam, jampuk, kokokbeluk, pungguk, suangi, teteguk. Burung kakaktua: burung panjat. Burung layang-layang: kelayang, sangangkar, sriti. Burung maleo: burung thermometer. Burung pintang: manyar, tempua.

Boring, bahasa Inggris yang berarti pemboran, bosan, jemu.

Artikel saya ini membosankan ya?

Referensi: dari berbagai sumber bacaan

(Visited 1 times, 1 visits today)