Bermacam penyelesaian

Perhatikan persamaan matematika berikut ini:

x = 5 + 11, persamaan ini mempunyai satu penyelesaian yaitu x = 16
x = x + 4, persamaan ini tidak dapat diselesaikan
x^2 = 16, persamaan ini mempunyai dua penyelesaian yaitu x = 4 atawa -4

Persoalan hidup yang Anda hadapi sekarang ini seperti persamaan matematika yang mana? Apakah seperti persamaan x = x + 4? Apakah Anda mumet untuk menyelesaikan persoalan tersebut?

~oOo~

Mengutip kata orang bijak, konon orang-orang yang sukses itu biasanya pandai mengatasi kegagalan. Mereka berpikir kegagalan belum tentu menjadi sebuah kegagalan karena ia tahu kiat-kiatnya. Katanya nih, 90% orang yang merasa gagal sebetulnya belum tentu gagal, hanya saja mereka cepat menyerah.

Kata gagal sendiri sudah mempunyai konotasi negatif. Tak heran banyak orang yang takut pada suatu kegagalan. Ketika seseorang membicarakan kegagalannya gaya bahasanya cenderung mengandung keputusasaan: yang miskinlah, yang tidak punya uanglah, yang temannya nggak pedulilah, dan sebagainya yang semua itu berakibat buruk terhadap pribadinya. Orang gagal hobinya mengeluh.

Mengeluh ditambah dengan tidak bersyukur akan membentuk rasa takut menghadapi hidup. Sayang sekali, karena pada kenyataannya hanya sedikit orang yang mampu menghilangkan rasa takut itu. Mengeluh tidak menyelesaikan masalah. Ini seratus persen nyata!

Kabar gembiranya, persoalan hidup jauh (banyak) tidak sama dengan persamaan matematika. Semua masalah ada penyelesaian, dan enaknya tergantung pada diri kita.

99 + x = 100. Wani pira?

(Visited 1 times, 1 visits today)