Ada Bedugul di uang 50 ribu


Antrian keluar pintu tol Karawang Barat sore itu panjang nian. Uang 50 ribu untuk bayar tol sudah saya siapkan. Sambil menunggu antrian, iseng-iseng saya perhatikan lembaran uang 50 ribuan tersebut. Di bagian muka terdapat gambar pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai yang berasal dari Bali. Sedangkan di sisi belakang, terdapat gambar Danau Beratan Bedugul. Terlintas dalam benak saya, mudah-mudahan pada suatu ketika saya bisa berada di Bedugul Bali. 

Saya pun akhirnya bisa berada Bedugul. Melihat langsung pura yang ada bahkan berkesempatan mengelilingi Danau Beratan yang berada di dataran tinggi dengan naik boat.

Gambar Danau Beratan Bedugul di lembaran uang 50 ribuan, plek-sama persis dengan obyek aslinya. Maka, untuk membandingkan sekaligus kenangan, saya foto lembaran uang 50 ribuan dengan latar belakang dua pura yang berada di tepi Danau Beratan Bedugul.

~oOo~

Pura di tepi Danu Beratan tersebut bernama Ulun Danu yang dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Dewi Sri atawa Dewi Kesuburan. Ulun Danu Beratan berlokasi di Desa Candikuning Tabanan Bali kira-kira 50 km dari Denpasar. Berdasarkan deskripsi yang terdapat dalam lontar Babad Mengwi diketahui Pura Ulun Danu Beratan didirikan sebelum tahun Saka 1556 atawa 1634 M oleh I Gusti Agung Putu. Maka, sejak pendirian pura tersebut terkenal Kerajaan Mengwi.

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 kompleks pura yakni Pura Lingga Petak, Pura Penataran Pucak Mangu, Pura Terate Bang, dan Pura Dalem Purwa, digunakan untuk memuja keagungan Tuhan dalam ejawantah sebagai Dewa Tri Murti, dalam permohonan anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan umat manusia dan kelestarian alam semesta.

[Sumber informasi dari pemandu wisata]

(Visited 10 times, 1 visits today)